Ramadhan Pemain Bola Muslim di Liga Elit Eropa: Gocekan Syiar Di antara Gol Tenar

Olahraga  
Moussa Niakhate, pemain muslim Mainz 05 berkebangsaan Prancis, untuk iftar karena sudah masuk waktu maghrib. Niakhate membatalkan puasa dengan meminum air botol yang disorongkan kiper Robin Zentner.
Moussa Niakhate, pemain muslim Mainz 05 berkebangsaan Prancis, untuk iftar karena sudah masuk waktu maghrib. Niakhate membatalkan puasa dengan meminum air botol yang disorongkan kiper Robin Zentner.

Oleh: Akmal Nasery Basral, Sosiolog dan Penulis

IDUL FITRI tinggal tiga hari lagi. Anda sekeluarga akan salat hari raya di mana? Jika tinggal di Jakarta, lebaran kali ini ada tambahan lokasi ibadah yang gres dan megah: Jakarta International Stadium (JIS).

Kondisi stadion internasional yang baru saja menabalkan klub Barcelona U-18 sebagai juara International Youth Championship 2021--setelah mengandaskan Atletico Madrid U-18 dengan skor 1-0 di final dua pekan lalu—ini dipuji mantan Menteri Perindustrian, Saleh Husin, yang ikut menonton. “Stadion kelas dunia. Serasa nonton di Camp Nou Barcelona atau Old Trafford Manchester United,” ujar Ketua Majelis Wali Amanah Universitas Indonesia itu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

JIS berkapasitas 82 ribu tempat duduk. Rampung setelah 11 tahun yang melibatkan kerja lima orang gubernur Jakarta mulai dari Fauzi Bowo, Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama, Djarot Saiful Hidayat, hingga Anies Baswedan. Sebagai lokasi salat Idul Fitri, JIS akan menampung 8.000 jamaah. “Di tempat itu kita akan berzikir. Kita agungkan takbir di lokasi mahakarya kota ini, kita akan bersyukur dan bersujud memohon rida Ilahi,” tutur Gubernur Anies Baswedan di akun IG sejak Rabu (27/4). Khatib pada salat Id nanti adalah KH Muhammad Cholil Nafis, Ketua MUI Pusat.

Dalam fikih ibadah, salat Idul Fitri dan Idul Adha memang lebih afdol dilakukan di lapangan meski tetap boleh dilakukan di dalam masjid. Syahdan dari 19 kali shalat Iedain (salat dua hari raya) yang dilaksanakan Nabi Muhammad s.a.w. selama hidupnya, hanya satu kali yang beliau lakukan di dalam masjid tersebab kendala cuaca yang tak memungkinkan ibadah dilakukan luar ruang. Selebihnya, salat Id beliau selalu di tanah lapang.

JIS bukan satu-satunya stadion sepak bola yang akan menggelar salat Idul Fitri. Di Inggris, FC Blackburn Rovers sudah lebih dulu umumkan stadion Ewood Park yang berkapasitas 30.000 penonton sebagai tempat salat Id bagi muslim setempat. “Stadion dibuka jam 8.30. Salat Id jam 9.30 dilanjutkan khutbah. Disediakan layanan bus. Untuk pertanyaan hubungi e-mail eid@rovers.co.uk,” bunyi pengumuman resmi. Blackburn Rovers adalah klub sepak bola profesional pertama di Inggris yang membuka stadion mereka untuk salat Idul Fitri. Klub ini di tahun 1994/1995 pernah menjuarai Liga Premier Inggris saat masih diawaki sejumlah pemain legendaris seperti Alan Shearer, Tim Sherwood, dan Chris Sutton.

Geliat syiar Islam memang semakin menguar dari lapangan sepak bola. Di Liga Jerman ( Bundesliga) kejadian menarik terjadi pada pertandingan Augsburg versus Mainz 05 di hari-hari pertama bulan Ramadhan. Pada menit ke-65 mendadak wasit Matthias Jollenbeck menghentikan pertandingan meski tak ada pelanggaran yang dilakukan pemain kedua tim.

Ternyata wasit memberikan kesempatan kepada Moussa Niakhate, pemain muslim Mainz 05 berkebangsaan Prancis, untuk iftar karena sudah masuk waktu maghrib. Niakhate membatalkan puasa dengan meminum air botol yang disorongkan kiper Robin Zentner. Setelah jeda beberapa detik itu, Niakhate menjabat tangan wasit Joellenbeck untuk berterima kasih di bawah aplaus meriah penonton. Pertandingan kembali dilanjutkan. Indahnya penghormatan terhadap spirit beribadah di tengah sportifitas olah raga yang bergairah.


Dari perempat final Liga Champions, pengaruh Ramadhan memancar saat Real Madrid bertemu Chelsea. Sebelum ini Real Madrid yang berjuluk Si Putih (“Los Blancos”) tak pernah menang melawan Si Biru (“The Blues”) di kompetisi resmi Eropa. Tetapi Kamis, 7/4, dini hari WIB, itu terjadi keajaiban. Bintang Los Blancos, Karim Mostafa Benzema yang baru iftar 15 menit menjelang free kick bermain super rancak di Stamford Bridge. Pemain berusia 34 tahun itu melesakkan hat trick ke gawang Chelsea.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image