Momen Antusias Warga Inggris Rayakan Idul Fitri di Stadion Blackburn Rovers

Agama  
Antusias warga Inggris shalat Idul Fitro di Stadion Backburn Rovers.
Antusias warga Inggris shalat Idul Fitro di Stadion Backburn Rovers.

Blackburn Rovers membuktikan kata-katanya dengan mengizinkan Muslim Inggris menggunakan Ewood Park sebagai tempat menyelenggarakan shalat Idul Fitri. Dan, warga sekitar stadion tampak antusias mengikuti sejarah yang membanggakan ini.

Bagi orang Indonesia, melihat orang-orang melakukan salat di stadion atau lapangan sepak bola adalah hal yang lumrah. Tapi, di negara dengan Muslim sebagai minoritas seperti Inggris, hal itu sangat jarang terjadi.

Namun, Blackburn berhasil mengubah tradisi itu. Mereka dengan berani membuka stadion rumah mereka untuk lebih dari 3.000 Muslim lokal untuk melakukan salat Idul Fitri.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Doa dan khutbah dipimpin oleh Syekh Wasim Kempson. Tak lupa, ia juga mengundang Chief Executive The Rovers, Steve Waggott, dan Walikota Blackburn beserta Dewan Borough Darwen, Cllr Derek Hardman, untuk ikut menyampaikan pidato.

Kegiatan spiritual tersebut mendapat pujian luas baik dari komunitas Muslim di seluruh dunia. “Saya pikir ini adalah momen yang sangat penting untuk sepak bola. Tidak hanya untuk Blackburn Rovers, tetapi juga untuk sepak bola secara umum,” kata Waggott di situs resmi klub.

“Kami semua menderita selama dua tahun terakhir karena Covid-19 dan jarak sosial. Jadi untuk melihat semua keluarga datang ke Ewood Park, berjalan di sini hari ini, sangat indah untuk dilihat. Sekarang mereka telah melihatnya dan mereka bersenang-senang, semoga mereka ingin kembali,” tambah Waggott.

“Kami adalah klub pertama (di Inggris) yang menggelar salat Idul Fitri di lapangan. Itu bagus," kata Waggott.

“Ini mengikuti dari beberapa tahun terakhir. Kami memiliki musala, memiliki bar bebas alkohol, memiliki makanan halal, meluncurkan layanan Ewood Express untuk membawa anak muda dan keluarga ke stadion. Semua yang harus kita lakukan adalah menarik gelombang pendukung baru dari komunitas Asia Selatan. ,” kata Wagett.

“Kami telah melakukan banyak pekerjaan di belakang layar, yang berpuncak pada memenangkan Diversity Award di EFL Awards minggu lalu. Jadi kami memiliki rangkaian acara yang bagus. Tetapi, yang lebih penting, tindakan yang akan kami ambil dan lanjutkan ke masa depan.” kata Waggot.

Imam Kempson menambahkan: “Ini adalah kesempatan besar bagi komunitas Muslim untuk bekerja dengan berbagai organisasi di komunitas mereka sendiri,” kata Kempson.

“Di sini, kami sangat berterima kasih kepada Blackburn Rovers yang telah membukakan pintu bagi kami untuk berdoa di lapangan. Ini menunjukkan keterlibatan besar masyarakat setempat dengan klub sepak bola dan sebaliknya,” tambah pemimpin agama itu.

“Ini adalah contoh yang baik untuk semua klub di seluruh negeri untuk menunjukkan bahwa mereka mengambil keragaman dan bergerak maju dan terlibat dengan komunitas lokal. Ini juga menunjukkan bahwa kami dapat bekerja sama dalam banyak hal berbeda,” kata Kampson.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image