Perang Rusia-Ukraina: Daftar peristiwa penting, hari ke 79

Politik  
Pegawai Kementerian Situasi Darurat Republik Rakyat Donetsk membersihkan puing-puing di samping gedung teater Mariupol yang rusak selama pertempuran sengit di Ukraina timur [File: AP]
Pegawai Kementerian Situasi Darurat Republik Rakyat Donetsk membersihkan puing-puing di samping gedung teater Mariupol yang rusak selama pertempuran sengit di Ukraina timur [File: AP]

Kondisi Peperangan

Keluarga dan pendukung pejuang Ukraina yang bersembunyi di pabrik baja Azovstal Mariupol memohon lebih banyak bantuan agar mereka diselamatkan.

Pasukan Rusia kemungkinan telah menguasai semua Rubizhne dan Voevodivka di wilayah Luhansk, kata Institut Studi Perang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Penembakan di Luhansk telah menewaskan dua orang dan menghancurkan lebih dari 50 rumah, kata gubernur wilayah itu.

Militer Rusia menargetkan desa-desa di timur dekat Donetsk, Lyman, Bakhmut dan Kurakiv, klaim militer Ukraina.

Meningkatkan dukungan militer dari Barat ke Ukraina berisiko memicu perang antara Rusia dan NATO, salah satu sekutu terdekat Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyatakan.

Serangan roket meningkat di wilayah Poltava tengah Ukraina, "mungkin yang paling intens selama perang", kata gubernur regional.

Ukraina mengatakan pasukan merusak kapal angkatan laut Rusia di Laut Hitam dengan citra satelit yang menunjukkan kemungkinan serangan.

Lebih dari enam juta pengungsi telah meninggalkan Ukraina sejak invasi Rusia dimulai pada 24 Februari, menurut data badan pengungsi PBB.

Persoa;an Hak asasi Manusia

Dewan Hak Asasi Manusia PBB telah menyetujui penyelidikan kemungkinan kejahatan perang oleh pasukan Rusia di Ukraina.

Seorang tentara Rusia yang dituduh menembak seorang pria berusia 62 tahun akan diadili di Ukraina atas kejahatan perang.

Diplomasi dan bantuan

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan dia siap untuk pembicaraan dengan Putin untuk menemukan kesepakatan bersama tetapi mengatakan Ukraina tidak akan pernah mengakui Krimea sebagai bagian dari Rusia.

Selama pertemuan G7, Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss mengatakan penting untuk mempertahankan tekanan pada Rusia dengan memberikan lebih banyak senjata ke Ukraina.

Senator Republik Amerika Serikat Rand Paul sendirian menunda pengesahan RUU bantuan senilai $40 miliar untuk memberikan dukungan kepada Ukraina setelah DPR AS menyetujuinya pada Rabu.

Kepala kantor Zelenskyy mengatakan Ukraina harus “menjadi bagian dari Eropa bersatu sesegera mungkin. Ini adalah masalah keamanan bersama”.

Presiden Komisi Eropa von der Leyen menyebut Rusia sebagai "ancaman paling langsung" terhadap tatanan internasional dan mengatakan telah mengobarkan "perang barbar".

Seorang diplomat Rusia memperingatkan Finlandia dan Swedia bahwa mereka bisa menjadi "target" setelah pejabat Finlandia mengumumkan negara itu harus bergabung dengan aliansi militer NATO "tanpa penundaan".

Ekonomi

Ukraina menghabiskan 245,1 miliar hryvnia ($8,3 miliar) untuk perang alih-alih pembangunan sejak dimulainya invasi Rusia pada 24 Februari, kata menteri keuangan.

Putin menyalahkan Barat karena memicu krisis ekonomi global dan inflasi karena sanksi berat yang dijatuhkan pada Rusia.

Eropa menghadapi gangguan pasokan gas dan tekanan untuk alternatif setelah Rusia memberlakukan sanksi pada anak perusahaan Eropa dari raksasa energi Gazprom milik negara Rusia dan Ukraina menghentikan aliran gas, yang mengarah ke harga yang lebih tinggi.

Komisi Eropa mengatakan akan membantu Ukraina mengekspor jutaan ton biji-bijian yang diblokir oleh angkatan laut Rusia di pelabuhan Ukraina.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image