Tentang Nama Tumenggung Imam Kuningan dan Nama Gedung Di Jakarta

Sejarah  
Kampung Kuningan Jakarta di masa lalu.
Kampung Kuningan Jakarta di masa lalu.

Oleh; Ridwan Saidi, Politisi Senior, Budayawan Betawi, dan Sejarawan

Beberapa waktu lalu timbul keberatan terhadap penamaan stadion Sunter yang di-Inggris-inggriskan: Jakarta International Stadium. Sedangkan main stadium Senayan disebut Gelora Bung Karno. BK tak paham Inggris? Tidak lah.

Sebelum kemerdekaan di Gambir ada Stadion Ikada. Kemudian dirobohkan untuk Monas. Ikada bahasa apa? Tidak ke-temu2, taunya akronim Ikatan Atlet Djakarta.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Gedung Museum Bahari awalnya disebut Gedong Adem. Adem artinya rehat. Ngadem dulu, ah. Kali di dekat bangunan disebut Kali Adem.

Gedung lama di Jalan Kakap disebut Teng Long, penerangan (di) kegelapan.

Daendels tidak memberi nama gedung yang begitu banyak yang ia bangun di Jakarta, kecuali istana yang tetulis di tembok: paleis.

Ada gedung era Orde Baru yang namanya aneh. Jaman itu penamaan apa saja di-Sanskerta-sanskertakan. Satelit Palapa, palapa = daun mint. Apa urusannya satelit dengan daun-daunan.

Ada nama gedung Manggala Wana Bhakti, manggala itu kalung tasbih, wana= hutan. Kalung tasbih hutan bakti. Sekedar mau Sanskerta-sanskertaan, makna tak keruan.

Nyi Ageng Serang nama gedung asset DKI di Jl Rasuna Said, Kuningan. Rasuna Said pahlawan asal Minangkabau. Kuningan bukan dari toponim Jawa Barat tapi nama ulama Betawi genre Asmat bin Asba XVII M. Nama lengkapnya Tumenggung Imam Kuningan. Tumenggung? Yes. Dalam tradisi Betawi orang kaya disebut tumenggung, pengaruh Melayu. Jalan Gatot Subroto dari titik LIPI ke timur sampai Terusan Rasuna Said disebut Tumenggung.

Makam Tumenggung Imam Kuningan dekat Setia Budi Building, Kuningan.

Gedung Bappenas di Jl Imam Bonjol pada jaman Belanda disebut de Ster van het Oosten, bintang timur. Ini synagoge tempat manggil setan yang oleh rabbi setan disuruh masuk ke tubuh medium. Kalau setan yang masuk ada dua: misal biduan dan kuli panggul sekali gus, kasihan medium yang tiba2 bernyanyi juga ucapkan kata2 pembangkit semangat:

Ik heb van jouuuuw...

Batidur rata rata

sir - ata gobang gosir

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image