Masnah, Sang Maestro Gambang Kromong

Budaya  
 Masnah bernyanyi diiringi Gambang Kromong Setia Nada.
Masnah bernyanyi diiringi Gambang Kromong Setia Nada.

Sudah lebih 10 tahun Masnah tiada. Ia seorang maestro penyanyi gambang.

Gambang kromong bukan China tapi musik Indochina, persamaannya dengan gambang kromong pada instrument. Cuma China tak ada gendang/kendang.

China 'kan ada rebab? Yes. Tapi rebab gambamg tiga jenis: te'yan, sukong, kong ahyan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tapi pemain gambang 'kan umumnya China benteng? Betul. Apa mereka China daratan? Lidah China benteng Melayu 100%. Babwa sejak mereka migrasi ke sini XIII M membawa blood China, bisa saja.

Benteng bukan kasteel seperti ditebak-tebak banyak pakar. Benteng bahasa Melayu lama artinya pelosok. Dalam Betawi lama pelojok. Lokasi Neglasari, Tangerang, kampung Masnah, ditilik dari Poris, Tangerang, adalah benteng.

Memang beberapa arkaeolog Indonesia banyak yang obsesi kasteel Batavia yang tak pernah ada. Kalau rencana memang VOC pernah bikin di atas kertas.

Lagu gambang ada tiga peringkat:

1. Phobin, klasik

2. Dalem, semi klasik

3. Sayur, pop.

Masnah ahli menyanyikan lagu 'Dalem' semisal Kramat Karem, Kodéhél ari gudempal, Cénté manis dipatok burung.

15 tahun lalu saya bertemu Masnah di Pasar Baru Tangerang pas maleman Imlek. Ia lagi mentas. Saya tanya, apa 'ncim Masnah punya anak didik? Dia jawab, ada dua.

Dia cerita, kalau mau jadi cokek, penyanyi, yang bagus kudu (mesti) banyak puasa dan sering-sering jarah (ziarah) ke makam Emak Dato di Tanjung Kait, Tangerang.

Masnah pergi bersama lagu Dalem. Setelah itu marak lagu Sayur. Baik pop maupun dangdut dimainkan gambang dengan rentak Sayur. Bintang gambang yang bekend saat ini salah satunya Pipit, ia bernyanyi dengan iringan Gambang Sinta Nara dari Kampung Wates, Tangerang.

Rokok keretek

Jato di empang

Yang gemuk pendek, kokoooh...

Yang saya senang.

Penulis: Ridwan Saidi, Sejarawan dan Budayawan Betawi.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image