Wanita Agung: Gondang Dia dari Swahili Menjadi Betawi

Sejarah  
Orang Betawi dengan Ondel-Ondelnya di masa lalu.
Orang Betawi dengan Ondel-Ondelnya di masa lalu.

Gondang Dia dari Gondang Dihiya, wanita agung, bahasa Swahili. Statue Gondang Dihiya ada di Aljazair. Tak jelas Gondang Dia merujuk ke nama apa.

Di Gondang Dia ada goa, posisinya di T-tau Jl Gondang Dia dan Palem. Di dekat Gondang Dia, kini daerah Menteng, ada danau (situ) Lembang artinya lurus.

Jl Gondang Dia bersanding dengan Jl Cikini, bahasa Brazil yang artinya lurus.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di dekat Cikini ada Kali Pasir, kali dekat bukit. Pada suatu lokasi di Kali Pasir ada bangunan Inca yang disebut Cikinitza. Kata cikini dari sini.

Ke utara Kali Pasir ada kampung Batu, kini Jl Batu. Batu itu monument stone.

Di utara Jl Batu mesjid Istiqlal sekarang. Di sini ada gua Jambul.

Daerah Gambir baru digarap jaman Daendels.

Gondang Dia sebelah barat ada Kebon Siri, hunian pemuka adat. Di barat Kebon Siri ada Gua Sekot dekat RS Budi Kemuliaan. Sekot artinya tarik atau betot. Dekat Sekot ada Gang Thomas. Thomas ahli spritual Afro.

Dari Sekot ke utara menuju Tenabang Bukit. Di situ ada gua Tenabang, yang artinya panggilan bumi. Di seberang ada Kampung Bali, yang artinya melingkar. Dan ada Kebon Kacang, hunian di bawah (bukit). Di sini ada waduk Melati. Dan dekat waduk ada Batu Raja, monument stone.

Kebon Pala bukan pala manis, tapi ulu jami, awal kampung.

Daerah Gondang Dia dan sekitar kawasan yang punya arti penting sejak abad V. Ini awal proses terbentuknya zonasi Betawi Ring 1

Yang juga meliputi:

1. Mester Kornelis bukan Cornelis. Kornelis arinya relijius.

2. Daerah yang Belanda kata Weltevreden: Sawah Besar, Gunung Sari, Kota.

Di Sawah Besar ada monument stone Cenomgan. Lokasi T-tou Pecenongan-Jl Juanda. Gg Tibo di Juanda III artinya kampung spitual. Di sini ada batu jajar (dolmen) dan batu tulis (Prasasti). Sebelah barat Gang Tibo kampung Kebon Kelapa. Sejak kecil saya tak lihat ada pohon nyiur disini. Kelapa pada Kebon Kelapa sama dengan Kalapa pada Sunda Kalapa. Ini dari Xalapa di Veracruz Maya. Artinya spiritual.

Di Tambora Kota ada monument batu tinggi 4 m. Sampai tahun 1945 masih ada

Gunung Sari Weltvreden. Artinya bukit. Gunung Sahari tak ada arti. Lokasi Gunung Sari di barat Ciliwung yang mengalir ke Ancol.

Di Gunungn Sari ada gua Liang Bo. Ini bukan bahasa China, tapi Betawi cafe life, artinya hunian dalam lubang.

Gua di Kemayoran Sunter Gedong Rubu.

Zona Ring 1 pesisir: Tanjung Priu dan area barat mulai dari Kapuk Muara dan Kamal Muara. Di Priuk ada gua Le Gua. Di simpang Kramat Tinggak ada monument stone Kramat tunggak.

Di Kapuk Muara ada makam Mualim Teko, wafat 983 M.

Uraian ini semata keperluan ilmu pengetahuan. Orang Betawi Tengé bilang, jangan resen yé. Resen bapér. Saya menulis tak ada maksud lain kecuali just for science.

Penulis: Ridawan Saidi, Budayawan Betawi dan Sejarawan.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image