Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Endar Julian

Cara Membuat Gyoza Ayam Homemade Enak dan Mudah

Kuliner | Monday, 18 Jul 2022, 20:12 WIB
Sumber gambar: pexels.com/Lucio-Panerai

Untuk anda yang menggemari kuliner jepang, Gyoza tentunya adalah salah satu nama kuliner yang tidak lagi asing telinga anda. Kuliner jepang yang satu ini termasuk kuliner jepang yang unik, lantaran mendapatkan kebudayan influence kuat dari kebudayaan kuliner Cina.

Kuliner khas Jepang ini sekilas memiliki tampilan yang mirip dengan dimsum kukus, yang notabene nya adalah masakan atau kuliner khas cina.

Cita rasa lezat yang memadukan tekstur lembut dari kulit Gyoza dengan isiannya membuat masakan ini menjadi salah satu menu favorit Ichiban Sushi dan beberapa resto Jepang ternama lainnya di Indonesia.

Berhubungan dengan kuliner Gyoza ini. Pada artikel kali ini, saya akan sedikit berbagi resep cara membuat gyoza ayam homemade mudah dan enak yang dapat coba di rumah jika ingin menyajikan kuliner ini untuk keluarga ataupun disantap sendiri.

Penasaran?

Langsung saja cek rangkuman cara membuat gyoza ayam yang telah saya rangkum di bawah ini.

Cara Membuat Gyoza Ayam Homemade Enak

Melansir informasi dari halaman resepkoki, berikut ini adalah salah satu resep cara membuat gyoza jepang isian ayam mudah yang dapat anda coba di rumah.

Bahan kulit

- 150 gram tepung terigu

- 1 sdm tepung tapioka

- 1/4 sdt garam

- 1 sdm minyak goreng

- 90 ml air panas

Bahan Isian

- 150 gram daging ayam yang dicincang halus

- 100 gram daging udah yang dicincang kasar

- 2 sdm tepung tapioka

- 1 sdm saus tiram

- 1 sdt minyak wijen

- 1 sdt garam

- 1 sdt gula pasir

- 2 batang daun bawang yang diiris halus

Bahan Saus

- 4 sdm kecap asin

- 1 sdt minyak wijen

- sedikit cuka

Pembuatan kulit Gyoza:

1. Masukkan terigu, tapioka dan garam dalam wadah dan kemudian aduk hingga rata. Buatlah cekungan di bagian tengah adonan tersebut.

2. Tuangkan minyak goreg dan air panas ke dalam adonan dan kemudian aduk cepat hingga rata.

3. Bagi adonan sebelumnya menjadi 4 bagian. Selanjutnya, giling masing masing adonan dengan menggunakan pasta maker dari ukuran paling tebal ke ukuran yang paling tipis.

4. Cetak adonan tipis yang telah dibuat sebelumnya menjadi bentuk bulat dengan diameter kurang lebih 8 cm. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

5. Taburi setiap lembar kulit yang dengan tepung terigu (agar tidak saling lengket).

Pembuatan Isian:

1. Campur semua bahan isian yang telah disiapkan ke dalam satu wadah dan kemudian aduk hingga rata.

2. Ambil 1 lembar kulit gyoza yang telah jadi sebelumnya dan kemudian masukkan isian di tengahnya sebanyak 1 sdt. Lipat kulit Gyoza yang telah diisi tersebut menjadi setengah lingkaran dan lalu lipat serta tumpuk di bagian sisinya.

3. Tekan bagian ujung kulit gyoza untuk mengunci lipatan dan lakukan hal tersebut secara berulang hingga isian habis.

Penyelesaian:

1. Panaskan wajan dan kemudian berikan sedikit minyak goreng.

2. Tata gyoza di atas wajan dan masak hingga bagian bawahnya berubah menjadi kecoklatan.

3. Tuangkan air kedalam wajan hingga mencapai 1/4 tinggi gyoza. Selanjutnya, tutup wajan dan kemudian masak hingga air di wajan habis.

4. Setelah, air di wajan habis (kering), angkat gyoza dan sajikan bersama saus.

Itulah sedikit rangkuman resep cara membuat gyoza ayam homemade enak dan mudah yang telah saya rangkum untuk anda. Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk membuat kuliner khas Jepang yang satu ini?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image