Dari Pitung Hingga Husni Thamrin: Becokok Glodok Vs Ja'man Jago Betawi

Sejarah  
Para jagon Betawi
Para jagon Betawi

Ja'man asli kelahiran gang Bédeng Sawah Besar. Ketika Ja'man wafat nama Gang Bédeng diganti gang Ja'man. Jaman Orde Maka gang Ja'man jadi Jl Batu Ceper V.

Dari perkawinannya dengan Cang Ema, Ja'man mendapat beberapa putra dan seorang putri nama Munaini.

Ja'man berguru sejak muda pada Guru Cit. Ketika khatam berguru kemudian Ja'man juga mengajar maen pukulan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dari salah seorang muridnya orang Pondok Bambu Bang Dayt, saya mendapat cerita bahwa pukulan Ja'man seperti mitraliur. Maksudnya tingkat kecepatannya tinggi. Atas pertanyaan saya, kata Bang Dayat, Kong Ja'man yang dia ketahui tidak mengajarkan kena'at dan ngumbara.

Ja'man suatu hari duduk-duduk di warung kopi Pecenongan. Tiba-tiba seorang pemuda turun dari ustin (oplet) dengan nerveus ia bicara pada Ja'man, "Bang cilaka Pok Mune (nyai saya, RS) diganggu becokok Glodok. Pok Mune bedua anaknya Muhaya (red, mak penulis, Ridawan Saidi)."

Ja'man loncat dan lari ke arah Glodok memburu becokok. Becokok itu bad guy. Setiba di lokasi kerumunan becokok itu dihajar Ja'man satu-satu. Ada yang rebah, ada yang ngabur. Ja'man ajak Pok Mune dan Muhaya pulang.

Kemudian hari Ja'man dicari-cari polisi Belanda. Nyai Mune bilang, Ja'man ke kampung Kerendang Jembatan Lima. Ia bersama kontingen Jembatan Lima pimpinan Cing Sairin.

It's sorry to say kalau saya belum pernah dengar baik di lingkungan keluarga besar Sawah Besar, atau keturunan Guru Cit, nama Pitung disebut. I am sori, I am sori. Kalau nama Bang Puasa sering disebut. Bang Puasa guru maen pukulan dari ganmg Mendung, Kwitang. Ia dihukum gantung Belanda tahun 1821 karena fitnah polisi Belanda.

Ja'man melintasi era Husni Thanrin. Apalagi rumah mereka di Sawah Besar dekat-dekat saja.

Di hari tua Ja'man terkena gangguan penglihatan. Yang orang heran, kok masih mampu meloncati kali.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image