Gereja Katolik Filipina Kritik Maid in Malacanang: Upaya Keluarga Marcos Manipulasi Sejarah Lewat Fi

Agama  

Melawan Narasi

Joel Lamangan, sutradara film ternama di Filipina, mengkritik Yap dan berencana membuat film yang melawan Maid in Malacanang.

"Kita perlu mencari produser. Kalau soal uang, pasti sangat sulit, apalagi untuk membuat film tentang politik," kata salah satu korban kebrutalan Marcos Jr itu. "Banyak yang tidak menginginkan itu. Padahal itu kebenaran."

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menariknya, Katips -- film yang mendapat pujian kritis dan sedang diputar di bioskop-bioskop -- tidak mendapat perhatian. Katips adalah adaptasi layar dari musikal dengan nama sama yang diluncurkan tahun 2016. Ini adalah versi fiksi peristiwa yang mengungkapkan kebrutalan aturan bela diri Marcos Sr.

Cristina Palabay, sekretaris jenderal Karapatan -- kelompok HAM di Filipina -- menggambarkan Maid in Malacanang sebagai upaya terang-terangan membersihkan nama Keluarga Marcos di mata publik, 36 tahun setelah penggulingannya.

Imelda Macos, ibu negara yang dihukum karena korupsi, kini kembali ke Malacanang setelah putranya menjadi presiden. "Ia tampil dengan kemewahan tak tahu malu di tengah kemiskinan yang memburuk," kata Palabay kepada BenarNews.

Penulis: Teguh Setiawan, Jurnalis Senior

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image