Kisah Soehian dan Cabo di Betawi: Fientje de Venick Tewas Di Depan Rumah Snouck Hurgronje

Sejarah  
Foto Fienje de Vdencik
Foto Fienje de Vdencik

Prostitusi baru muncul di Jakarta baru abad 18 setelah bukit Tambora diruntuhkan. Itu behaviour dari para kaum pendatang. Lokasi yang mereka pakai dibekas reruntuhan bukit Tambora. Penduduk sebut tempat itu Rébo (bukan Rabu) artinya ramai.

WTS disebut cabo. Ini bahasa Latin America yang artinya perempuan. Mucikari disebut ba'tau, sakit kelamin disebut péhong. Keduanya saya tak tahu bahasa apa.

Masih di lokasi bekas bukit Tambora ada tempat first class namanya Macao Po. Di sini beroperasi para PSK yang didatangkan dari Macao.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bisnis prostitusi itu berada di luar kepentingan dan urusan orang pribumi.

Menjelang akhir abad 19 muncul produk baru dunia hitam, namanya Soehian. Soehian adalah rumah hiburan yang dimeriahkan gambang kromong. Yang kesini baik perempuan mau pun laki bukan native (pribumi) atau pun muslim. Perempuan soehian disebut lonté. Juga perempuan gendak atau bini piara. Tapi umumnya jobong, atau wanita nakal.

Dalam penelitian saya, saya belum pernah dengar ada jago Betawi yang jadi backing soehian atau pun tempat nge-top, perjudian.

Pada akhir abad 19 dan awal abad 20, di wilayah yang kini disebut Palmera (palmerah) ada satu soehian. Sayang sekali tempat dengan toponim bersejarah: Palmyra, ibukota Assyria, dikotori soehian.

Pada suatu pagi di tahun 1911 di Jalan Kebon Siri orang ramai pada berkumpul di sekitar rumah Snouck Hurgronye di dekat jembatan Serong. Di kali sodetan ditemukan jenasah perempuan Belanda yang masih muda. Perempuan itu tampaknya dibunuh.

Polisi Belanda bertindak. Ditangkap seorang terduga. Ini kasus tak ada urusannya dengan Hurgronje penasehat Belanda urusan bumi putera, hanya saja terduga pernah melancong ke rumah Hurgronye.

Pelakunya adalah orang Belanda langganan soehian. Ia kenal korban: Fientje de Venick, yang tinggal di Kwitang, di soehian Palmera. Fientje memang kembang di soehian itu. Tapi de Venick tak tertarik dengan Belanda itu. Fientje dibunuh.

Kasus terbunuhnya de Venick membuat Belanda tutup semua soehian. Mungkin ada advis dari Snouck Hurgronje.

Penulis: Ridwan Saidi, Sejarawan dan Budayawan Betawi.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image