Guru Mugheni dan Sejarah Palestina Mencatat Fakta Pada 1931 Empat Orang Betawi Menjadi Mujahid

Sejarah  
Guri Mugheni
Guri Mugheni

Guru Mugeni berdiam di Kuningan. Kuningan merujuk pada nama seorang ulama Betawi Tumenggung Imam Kuningan abad 17/18, bukan nama tempat di Jawa Barat.

Pada tahun 1930 Guru Mugeni hendak bangun masjid di Kampung Kuningan. Ditolak Belanda karena jaraknya terlalu dekat dengan Tegal Parang. Warung Buncit, dimana disitu sudah ada mesjid. Guru Mugeni menolak alasan Belanda, dan tetap membangun mesjid. Belanda akhirnya berhenti menghalangi dan mesjid itu sampai sekarang masih ada.

Jago pola ulama itu ditunjukan dengan cara perlawanan terhadap kezaliman. Syekh Djunaid al Batawi pada 1894 menolak kunjungan Snouck Hurgronje di kediamannya di Mekah. Guru Mansur pada 1946 menolak permintaan Belanda agar merah putih yang berkibar di menara mesjid dekat rumahnya diturunkan. Syekh Amarullah, ayah Buya Hamka, menolak seikere di jaman Jepang dengan risiko beliau dibuang ke Sukabumi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mungkin tak paham sejarah, ada orang yang memuji Jampang yang disebutnya jago Betawi. Majalah Sin Po 1918 memuat laporan lengkap dihukum-matinya Jampang di depan kantor polisi Serpong. Kesalahan dia berbuat tak pantas dengan berbagai isteri orang. Suaminya marah dibacok bahkan ada yang dibunuh. Ada juga rampok kebagian di-jago-jagokan padahal yang bersangkutan diakhiri kezalimannya dengan ditembak mati oleh Letnan Suhanda dari Siliwangi pada 1949, tatkala yang bersangkutan lagi asyik buang hajat di pinggir kali.

Ketika pada suatu hari di tahun 2000 di Jordania saya bertemu tokoh Intifada Dr Walid, saya bercerita pada beliau bahwa pelajar-pelajar Indonesia di Timur Tengah pada tahun 1931 ikut berperang di sisi Palestina melawan Israel. Empat orang tewas, tapi saya tak ingat semua nama-namanya. Spontan Dr Walid menyebut nama keempat mujahid itu.

"Bagaimana anda begitu hafal, saya cuma ingat Ibrahim dan Sapulete." Aku merespon.

"Diajarkan di sekolah," Jawab k Dr Walid.

Aku tercenung, kok aku tak bersekolah di Palestina?

Penulis Ridwan Saidi, Sejawan dan Budayaswan Betawi.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image