Salman Rusdhie: Ayat-Ayat Setan, Fatwa Khoemeini, Hingga Lagu Hits Legenda Rock Godbless

Agama  

Pen America, asosiasi penulis yang mempromosikan kebebasan berekspresi, yang sebelumnya dipimpin oleh Rushdie, menggambarkan serangan itu sebagai "serangan terencana".

“PEN America terguncang dari keterkejutan dan kengerian saat mendengar berita tentang serangan brutal dan terencana terhadap mantan Presiden kami dan sekutu setia kami, Salman Rushdie, yang dilaporkan ditikam beberapa kali saat di atas panggung berbicara di Institut Chautauqua di bagian utara New York,” kelompok itu CEO Suzanne Nossel mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Kita tidak dapat memikirkan insiden yang sebanding dari serangan kekerasan publik terhadap seorang penulis sastra di tanah Amerika.”

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Polisi menangkap pelaku penusukan Salam Rushdie
Polisi menangkap pelaku penusukan Salam Rushdie

Tentang pembahasan novel 'Ayat-ayat Setan' karya Salman Rusdhie yang membuat dia jatuhi hukuman mati oleh Khoemeni ada tulisan yang menarik dengan mengutip laman Wikipedia. Tulisan itu selengkapnya begini:

The Satanic Verses adalah novel ke-4 karya Salman Rushdie, yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1988, dan sebagian terinspirasikan dari kisah hidup Muhammad. Judulnya merujuk pada apa yang diketahui sebagai ayat-ayat setan. Dalam novel ini, sang tokoh utama yang bernama Mahound (yang kemungkinan besar merujuk pada Muhammad) diceritakan secara kilas balik paralel dengan dua tokoh utama lainnya Gibreel Farishta dan Saladin Chamcha.

Di Britania Raya, novel ini diterima dengan baik oleh para kritikus, dan menjadi finalis Booker Prize tahun 1988, walaupun dikalahkan oleh Oscar and Lucinda karya Peter Carey yang memenangkan Whitbread Award 1988 untuk novel terbaik tahun itu.[1] Namun, di komunitas Muslim, novel ini menghasilkan kontroversi yang luar biasa. Buku ini tidak boleh beredar di India, dan banyak dibakar pada demonstrasi di Britania Raya. Novel ini juga menyulutkan kerusuhan di Pakistan pada tahun 1989.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image