Lakon Lenong Betawi Raja Tulalit

Budaya  
Opera Betawi: Lenong dan Topeng
Opera Betawi: Lenong dan Topeng

Uja seorang pemimpin grup lenong Gumbira Ati. Hampir tiap malam ia ngelenong di pentas jalanan di sebuah pasar. Income dari saweran penonton.

Jam 20.00 penonton sudah kumpul, Sudara-saduara malam ini lenong Gumbira Ati yang saya pimpin ambil lelakon Raja Tulalit. Penonton bertepuk, dan ada yang lempar saweran.

Lenong lakon Raja Tulalit buka kisah: kuat pada jimat, rasmi (sah,) ada di mahkota, kebesaran pada singgasana. Apes, semua hiiang dicolong. Ini yang bikin Raja Tulalit bingung. Gue ini jadi raja apa'an? Tulalit omong sendirian.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sial susul menyusul. Timbul kelaparan. Raja letakan gentong di alun2 minta orang2 kaya meyumbang madu. Besokannya gentong dibuka, aer melulu. Tak ada madu. Raja bingung, penonton malah semangat. Raja suruh Perdana Mentri kumpulkan surat fatwa waris dari setiap keluarga dan dituker sama bulu ayam kalkun. Rakyat marah, penonton sorak dan teriak: Lawan!

Tau-tau Uja gulung layar lenong sambil berkata: "udahan". Hey Ja lu jangan berhenti donk! Tu rakyat berontak kagak?

Uja diam sambil terus beres-beres. Hey Uja! Raja Tulalit gimana akhirnya? Jato kaga?

Uja menyahut, Nasib Raja lihat besok. Soalnya, gue hitung saweran cuma sedikit. Besok dah. Tau-tau Uja girang. Penonton lempar dia dengan duit. Terus maen Ja! Gue mau lihat si Tulalit jato. Pas Lenong mau maen, hujan turun rintik-rintik Waduh Tulalit tak jadi jato nih.

Tau-tau muncul seorang penonton bawa payung 10 tangkai.

Ni payung kasih panjak (pemain). Kita basah-bahasan an tak apa-apa. Kalau lu tak mau, gue tonjok lu Ja. Kita tak sabar lihat si Tulalit jato.

Betul.. betul, penonton berteriak. Turunin Tulalit, Tulalit raja bego, teriak penonton lagi.

Tau-tau Uja jato duduk. Ampun-am[un, seumur-umur gue baru ngalamin, ngelenong pake payung.

Lu salah ambil lelakon Ja, tukang go'ong (gong) merespon. Kenapa si Tulalit lu suru jadi raja jolim, udah begitu geblek lagi.

Emang, gua salah ngedalang...!

Penulis lakon: Ridwan Saidi, Budayawan Betawi dan Sejarawan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image