Inilah Pemasok Utama Industri Islamofobia di Dunia

Sejarah  
Demonstrasi Islamofobia
Demonstrasi Islamofobia

Sampai hari ini publik Muslim tentu masih bertanya siapa sih penghulu atau pemasok utama Islamofobia di dunia?

Jawabannya, ternyata itu ada melalui tulisan di dailysabah.com. Media ini menulis hasil peneliran yang dilakukanJasmin Zine, seorang profesor Sosiologi, Agama dan Budaya yang berbasis di Kanada, dan Pilihan Studi Muslim di Universitas Wilfrid Laurier. Jasmine memetakan jaringan politik, ideologi, kelembagaan, dan ekonomi ini melalui studi empat tahun lamanya. Penelitian ini Jasmine lakukan di Canada.

Hasil penelitian Jasmine menyatakan bahwa kelompok sayap kanan, nasionalis kulit putih dan neo-Nazi adalah "prajurit kaki" dari "industri Islamofobia". Merekalah yang secara aktif mempromosikan kebencian anti-Muslim secara online dan melalui protes dan demonstrasi publik.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kelompok kekuatan lunak ... memanfaatkan pengaruh dengan mempromosikan kampanye anti-Muslim untuk mencapai tujuan politik, ideologis, dan agama tertentu yang mendorong subkultur Islamofobia," tambahnya.

Mereka juga "terlibat dalam taktik pemaksaan seperti intimidasi, pelecehan, dan intimidasi untuk membungkam orang-orang yang menentang mereka."

Pemasok ideologis ini misalnya mendukung teori konspirasi tentang organisasi Muslim Kanada yang menjadi kuda Troya bagi kelompok Islamis seperti Hamas dan Ikhwanul Muslimin yang mereka lihat memiliki agenda dominasi global.

Lalu ada "informan asli", yang merupakan "para pembangkang Muslim dan mantan Muslim yang memainkan peran sebagai lawan bicara yang otoritatif, menciptakan dan memvalidasi narasi Islamofobia dan teori konspirasi."

"Mereka menyediakan 'penutup politik' untuk kampanye Islamofobia," kata Jasmin Zine., Dalam peneiltianya Jasmine memetakan jaringan politik, ideologi, kelembagaan, dan ekonomi ini melalui studi empat tahun lamanya.

Peran Lembaga Pemikir

Dua aktor utama lainnya adalah "lembaga pemikir dan pakar keamanan yang ditunjuk" dan "tokoh politik dan pemberi pengaruh."

Lembaga think tank dan pakar keamanan yang ditunjuk "menciptakan 'kultus keahlian' untuk mempromosikan teori konspirasi Islamofobia. Merekalah yang mencap Muslim sebagai radikal potensial dan ancaman keamanan nasional," menurut laporan itu.

Mengenai "tokoh politik dan influencer," laporan itu mengatakan: "para pemain di industri Islamofobia diperkuat dan diaktifkan oleh politisi yang mengesahkan narasi dan kebijakan Islamofobia yang mempromosikan sentimen anti-Muslim sebagai bagian dari ekosistem yang lebih luas serta menjadi dasar bagi rasisme Islamofobia agar berakar dan menyebar."

Zine menekankan bahwa "industri adalah istilah yang telah digunakan untuk mewakili sifat terorganisir terorganisir kelompok Islamofobia yang telah berkumpul dan bekerja dalam konser untuk mengatur kontroversi untuk menciptakan propaganda. Selain itu guna mengatur kampanye yang mempromosikan Islamofobia dan rasisme anti-Muslim."

Memperhatikan bahwa industri Islamofobia Kanada telah mengakar di negara itu, Zine mengatakan bahwa industri semacam itu memiliki resonansi di Kanada seperti beberapa kebijakan "yang mempromosikan Islamofobia seperti Bill 21 di Quebec, yang diketahui melarang pakaian keagamaan di ruang publik. Mereka khusus menargetkan kebijakan keamanan wanita Muslim yang melaluinya Muslim dianggap sebagai radikal dan teroris potensial."

“Kebijakan dan praktik ini mengarah pada lingkungan di mana Islamofobia dapat mengakar. Kami telah melihat di Kanada konsekuensi mematikan dari ini ketika kami melihat serangan 29 Januari 2017 di sebuah masjid di Kota Quebec, dan kemudian tahun 2021 pada 6 Juni, serangan di London, Ontario, yang menewaskan empat anggota keluarga Muslim Kanada Pakistan, yang sedang berjalan-jalan di malam hari dan ditabrak truk dan kedua serangan ini terjadi di tangan kaum nasionalis kulit putih," tegas Jine menambahkan.

Sumber: //www.dailysabah.com/world/americas/15b-islamophobia-industry-foments-fear-moral-panic-in-canada

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image