Muhammadiyah Beli Gereja di Spanyol Karena Memang Dahulunya Masjid

Agama  
Gereja Iglesia Abacia Spanyol yang dahulunya adalah masjid.
Gereja Iglesia Abacia Spanyol yang dahulunya adalah masjid.

Bila Muhammadiyah ingin membeli gereja di Alcala Spanyol karena dahulu merupakan masjid itu memang benar adanya. Salah satu gereja bekas masjid itu adalah gereja yang disebut Iglesia Abacia.

Gereja Iglesia Abacial ini terletak di dalam kandang berbenteng tinggi di Alcala, Spanyol. Gereja ini dahulunya, yakni pada zaman Islam berkuasa di Spanyyol adalah sebuah model bangunan medina Muslim di mana area komersial dan perumahanmenyatu.

Setelah penaklukan kembali, Raja Alfonso XI memerintahkan penghancuran masjid dan pembangunan gereja di situs tersebut. Iglesai Abacial berada dalam wilayah yurisdiksi Uskup Toledo dan dengan wilayah kekuasaan yang meluas di wilayah yang juga sangat luas.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Markas pertamanya adalah kuil bergaya Gotik Renaisans primitif yang direnovasi setelah penaklukan Granada. Rekonstruksinya dimulai pada kuartal kedua abad keenam belas sesuai dengan rencana Martín de Bolívar, dan struktur Gotik dari kubah berbentuk bintang ditutupi dengan dekorasi pelat.

Pada sektor ini, kemudian dibuat kapel pemakaman sertadianggap sebagai pintu gerbang pelat yang monumental, seperti juga lengkungan akses ke Baptistery.

Sisa gereja adalah hasil transformasi yang dilakukan pada abad keenam belas oleh Ambrosio de Vico; kemudian, master Luis González dan Fray Cristóbal de San José yang menambahkan trio kemenangan besar dari lengkungan identik.

Sedangkan ornamen Sakristi, yang melekat pada kuil, dibuat oleh Ginés Martín de Aranda pada abad ketujuh belas. Sebagai kesaksian dari adanya gereja masa primitif ini, hanyalah tersisa pada bangunan Kapel Deán Cherinos yang hingga kini masih berdiri. Kapel Baptisnya sangat terkenal, dengan fasad Renaisans ganda dan brankas peti, yang oleh beberapa penulis dikaitkan dengan Jacobo Florentino, seorang arsitek terkenal asal Italia yang bekerja di daerah Granada dan Murcia pada awal abad keenam belas.

Kuil itu tetap dalam keadaan sunyi pada akhir abad kedelapan belas karena kota itu telah dikonsolidasikan dan tersebar di dataran selama lebih dari dua abad. Setelah itu terjadi karena kebakaran yang disebabkan oleh pasukan Prancis dalam pelarian mereka dari kota ini. Akhirnya, nasib bangunan ini berakhir karena pendudukannya pada tahun 1810 mengakhiri aktivitasnya pada bangunan ini. Akhirnya, masjid yang kemudian menjadi gereka ini, kemudian dideklarasikan sebagai oleh penguasa Spanyol dijadikan Aset Kepentingan Budaya pada tahun 1931.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image