Detik Pertama Kala Masjid di Cordoba Berubah Jadi Gereja

Sejarah  
Mihrab masjid yang berubah jadi altar di Masjid-Katedral Cordoba.
Mihrab masjid yang berubah jadi altar di Masjid-Katedral Cordoba.

Siap pun orangnya, bila pergi ke Cordoba akan menyaksikan berbagai bangunan indah. Dan, sampai sekarang masoh banyak yang tidak tahu, bahwa bangunan megah itu adalah jejak konkrit dari kebasan peradaban Islam masa Umayyah. Bahkan, bangunan itu dahulunya adalah masjid. Salah satunya adalah bangunan yang kini disebut sebagau 'Masjid-Katedral Córdoba' yang sangat menajubkan karena memamerkan warisan Muslim Spanyol.

Bangunan ini masjid inii berubah menjadi bangunan tempat ibadah umat beragama non Muslim, semenjak pasukan Kristen merebut ibu kota Umayyah itu pada tahun 1236. Kala itu tentara Ummayah yang kalah tak bisa mempertahankan dan meninggalkan rumah ibadahnya yang megah begitu saja. Maka, oleh pasukan penakluk bangunan itu diubahnya menjadi katedral serta bangunan lain seperti gedung opera, hingga perkantoran.

Namun, semenjak pertengahan abad 20 bangunan tersebut sebagian tak lagi menjadi tempat ibadah non Muslim. Pemerintah Spanyol menjadikannya sebagai museum. Namun sebagian lainnya masih berfungsi sebagai tempat ibadah meski dengan jumlah pengunjung yang sangat sedikit, hanya belasan saja. Di sinilah wajar bila warga persyarikatan Muhammadiyah hendak kembali membeli salah bangunan itu yang hendak dijadikan kembali sebagai masjid meski harus merogoh dana hingga jutaan Euro.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

sumber: https://www.nationalgeographic.com/history/history-magazine/article/cordobas-mosque-cathedral-showcases-spains-muslim-heritage

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image