Lebih Tepat Bukan 'Hari Ibu', Tapi Hari Perjuangan Perempuan Indonesia

Sejarah  
Kongres Perempuan 1928 (Commons Wikimedia)
Kongres Perempuan 1928 (Commons Wikimedia)

Oleh: Batara Hutagalung, Pemerhati Sejarah.

Pemberian nama tanggal 22 Desember sebagai "Hari Ibu" sangat tidak tepat. Seab, yYang berjuang tahun 1926/1928 bukan hanya ibu-ibu yang memiliki anak, melainkan juga para remaja perempuan

Pada waktu itu, perempuan2 pribumi dari berbagai organisasi yang berdasarkan kesukuan atau keagamaan, pertama kali mengadakan pertemuan besar, dalam rangka mempersatukan organisasi2 tersebut, dengan tujuan untuk membentuk BANGSA INDONESIA.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain itu, penggagas Kongres Perempuan Indonesia Pertama adalah Nona R. Ayu Suyatin (ejaan lama: Soejatin), seorang guru yang masih lajang. Bersama rekan-rekan gurunya, tahun 1927 ia mendirikan organisasi perempuan yang dinamakan Putri Indonesia. organisasi ini merupakan organisasi perempuan pribumi pertama di wilayah jajahan Belanda yang menggunakan nama Indonesia.

Organisasi Putri Indonesia tersebut ikut dalam panitia penyelenggaraan Kongres Perempuan Indonesia Pertama. Juga para pembicara bukan semuanya ibu, melainkan juga perempuan lajang. Maka Seharusnya namanya adalah HARI JUANG PEREMPUAN.Dalam bahasa Inggris adalah "Indonesian Women's Fighting Day"

Dengan demikian tidak akan ada salah pemahaman dan tidak diidentikkan dengan "Mother's Day" di Amerika dan Eropa.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image