Serial Terakhir Tulisan Ridwan Saidi: Genetika Betawi (2)

Budaya  
Mengarak Ondel-Ondel di masa lalu.
Mengarak Ondel-Ondel di masa lalu.

Wolly Candramila peserta program pasca sarjana IPB 2002. Wolly menulis tesis Variasi Genetik populasi Betawi berdasarkan Polimorfisme DNA Mitokondrion.

Untuk itu Wolly meneliti komunitas Betawi di 50 kantong pemukiman di seluruh Jakarta dan sekitar. Wolly menyimpulkan antara lain:

Ditemukan lima haplotipe dalam sampel populasi Betawi yang dianalisis, kesemua kelompok memiliki SEBARAN HAPLOTiPE YANG SAMA, kecuali ditemukannya haplotipe IV dan V dalam kelompok berbeda. Haplotipe IV ditemukan dimiliki 1 individu dalam kelompok Pinggir, haplotipe V dimiliki 1 individu dalam kelompok Tengah. Kedua haplotipe merupakan hasil mutasi individual yang belum tersebar dalam populasi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wolly mendeskripsi secara genealogis etnik Betawi, sebelumnya beberapa nomor tulisan saya sebelumnya yang telah mendeskripsikan Betawi secara sosiologis dan historis.

Dengan demikian kini terpulang pada orang Betawi sendiri, apa kaga kocak lihat perkumpulan etnik Betawi dipimpin bukan oleh anak Betawi? Baik ditilik dari genealogis, sosiologis, mau pun historis, laisa minal Batawi. Bukan Betawi. RSaidi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image