Inilah kisah Utusan VOC Van Goen Ketika Raja Mataram Membunuh Ribuan Ulama

Sejarah  

Keempat orang kepercayaan Sunan Amangkurat itu adalah:

1. Kemenakannya “Raden Mas, dan sekarang Pangeran Aria”. Kemenakannya itu sudah sering disebut, misalnya pada tahun 1652, ketika dia bermain-main dengan salah seorang Wanita yang paling dicintai raja sewaktu menyabung ayam jago atau menjadi saingan Raja pada bertandingan gada berkuda.

2. Tumenggung Nataairwara, yang selama perjalanan Van Goen (1684) masih Bernama Kiai Sata, tetapi pada tahun 1649 diangkat sebagai tumenggung wilayah Pati, nama yang paling banyak dipakai untuk dirinya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

3. Tumenggung Suranata, sekarang “Tumenggung Demak”, agak pasti sedikitnya sejak tahun 1652.

4. Kiai Ngabehi Warapatra “orang kesayangan terbesar Raja, yang membunuh Wiraguna dengan keris” seorang dari kasta keturunan rendah.

Keempat pembesar inilah yang menerima perintah untuk bersama-sama anak buah mereka menyebar ke empat penjuru angin dan berusaha keras supaya ‘jangan seorang pun dari apa yang disebut pemuka-pemuka agama dalam seluruh yuridiksi Mataram luput dari pembunuhan”.

Supaya rencana ini dapat behasil lebih baik, naka diperintahkan oleh Sunan supaya sebelumnya anak buah mereka menyelidiki nama keluarga dan alamat para pemuka agama itu. Ini dianggapnya sebagai siasat yang baik supaya mereka semua dapaty dibunuh dengan sekali pukul.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image