Penjajahan Israel terhadap Palestina Dosa Politik Kotor Inggris (Bag. 2)

Politik  
Aksi masa di awak gerakan zionisme.
Aksi masa di awak gerakan zionisme.

Selanjutnya berikurtnya buku The Dawn of Everything: A New History of Humanity karya David Graeber dan David Wengrow dijelaskan sebagai berikut. Ini tertuang dalam bab ke5 sampai bab ke-10,

Bab 5: The Rise and Fall of the Urban Revolution. Bab ini menjelaskan tentang bagaimana kota-kota pertama kali muncul dalam sejarah manusia dan bagaimana mereka berkembang menjadi pusat-pusat peradaban.

Graeber dan Wengrow menolak pandangan yang menganggap bahwa kota-kota adalah produk dari revolusi pertanian atau negara.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Graeber dan Wengrow menunjukkan bahwa kota-kota adalah hasil dari proses-proses sosial yang kompleks dan dinamis yang melibatkan kerjasama, konflik, pertukaran, inovasi, dan transformasi.

Graeber dan Wengrow juga menyoroti keragaman dan fleksibilitas bentuk-bentuk kota dan peradaban yang ada dalam sejarah (Graeber dan Wengrow, 2021, hlm. 147-184).

Bab 6: The Specter of the State. Bab ini membahas tentang bagaimana negara-negara pertama kali terbentuk dalam sejarah manusia dan bagaimana mereka mempengaruhi kehidupan manusia.

Graeber dan Wengrow mengkritik pandangan yang menganggap bahwa negara adalah hasil dari kebutuhan untuk mengatur masyarakat yang kompleks atau untuk menyelesaikan konflik.

Penulis menunjukkan bahwa negara adalah hasil dari ambisi-ambisi elit yang ingin menguasai sumber daya dan orang-orang. Graeber dan Wengrow juga menunjukkan bahwa negara bukanlah entitas yang monolitik atau permanen, melainkan sesuatu yang rapuh, sementara, dan dapat ditantang atau diubah oleh manusia (Graeber dan Wengrow, 2021, hlm. 185-222).

Dengan menggunakan perspektif Graeber dan Wengrow ini kita dapat memprediksi kapan negara Israel akan punah dan hilang dari muka bumi ini karena ketidakmampuannya untuk menjadi negara yang bersahabat dengan bayi, anak-anak dan perempuan serta semua manusia.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image