Apakah Israel Tidak akan Punah Bila Netanyahu Terus Menjadi Demagog? (Bagian, 1)

Politik  
Netanyahu di tengah pasukan Israel di Gaza.
Netanyahu di tengah pasukan Israel di Gaza.

Oleh: Dr Al Chaidar Abdurrahman Puteh, Pengamat Teorisme dan Dosen Antropologi, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh

Negara-negara yang sudah punah adalah negara-negara yang tidak lagi memiliki kedaulatan atau pengakuan sebagai subjek hukum internasional.

Menurut Aznar-Gómez (2012), ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kepunahan negara, seperti perang, aneksasi, integrasi, disolusi, dekolonisasi, dan perubahan konstitusional.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Beberapa contoh negara yang sudah punah adalah Yugoslavia, Uni Soviet, Cekoslowakia, Rhodesia, dan Republik Demokratik Jerman. Negara-negara ini mengalami proses yang berbeda-beda untuk mengakhiri eksistensinya sebagai negara.

Yugoslavia bubar menjadi beberapa negara baru setelah perang saudara yang berkepanjangan. Uni Soviet juga bubar menjadi 15 republik bekas Soviet yang merdeka.

Cekoslowakia memilih untuk berpisah secara damai menjadi Republik Ceko dan Slowakia. Rhodesia kehilangan pengakuan internasional setelah mengumumkan kemerdekaannya dari Inggris tanpa persetujuan mayoritas penduduk asli.

Republik Demokratik Jerman bersatu kembali dengan Republik Federal Jerman setelah runtuhnya Tembok Berlin. (Aznar-Gómez, 2012; Khan, 1996).

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image