Buya Anwar Abbas: Museum Holocaust Tak Berguna dan Tak Berarti

Politik  
Kaum Yahudi di Eropa hidup dalam kamp konsentrasi Jerman dan akan dimusnahkan oleh penganut Ideologi Nazi. (foto: History Extra)
Kaum Yahudi di Eropa hidup dalam kamp konsentrasi Jerman dan akan dimusnahkan oleh penganut Ideologi Nazi. (foto: History Extra)

Apa urgensi dan tujuan dari museum holocaust tersebut didirikan ? Tentu untuk mengingatkan dan menyadarkan kita semua warga dunia tentang kekejaman yang pernah dibuat oleh manusia terhadap sesamanya terutama terhadap bangsa Yahudi di Eropa dan atau di Jerman sana.

Lalu timbul pertanyaan apakah dengan membuat museum holocaust tersebut akan bisa membuat manusia untuk mengambil pelajaran dan menyadarkan kita semua tentang bahaya kebencian dan tentang apa yang harus kita lakukan ? Semestinya jawabannya ia, terutama untuk menyadarkan mereka yang berasal dari kelompok Yahudi dan israel tersebut karena merekalah salah satu suku bangsa yang benar2 merasakan kepahitan dan menjadi korban dari peristiwa tersebut.

Jadi secara logika dan rasa merekalah semestinya yang paling bersuara keras dan lantang untuk menentang diskriminasi serta tindak pembunuhan oleh satu suku bangsa terhadap suku bangsa lain dan untuk mengingatkan kita warga dunia tentang bahaya kebencian serta permusuhan antara satu suku bangsa terhadap suku bangsa lain.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Juga di samping itu merekalah semestinya yang menjadi negara dan suku bangsa yang paling terdepan untuk mengingatkan masyarakat dunia tentang arti pentingnya kita saling hormat menghormati dan saling harga menghargai. Ini karena merekalah salah satu suku bangsa di dunia ini yang pernah merasakan bagaimana pahit dan buruknya akibat dari tindakan tersebut.

Tapi apa yang terjadi? Apakah persoalan dan peristiwa tersebut telah menyadarkan dan membuat yahudi dan israel menjadi lebih baik dan lebih arif? Ternyata fakta yang ada menunjukkan jangankan mereka menjadi semakin lebih arif dan lebih baik, tapi malah mereka dengan pongahnya menantang dunia sehingga kita lihat disaat dunia menjunjung tinggi kemerdekaan suatu bangsa dan mengutuk penjajahan di atas dunia israel dan Yahudi malah merampas kemerdekaan dan menjajah tanah rakyat Palestina.

Di saat dunia saat ini menghargai dan menghormati diri dan jiwa manusia (HAM) Yahudi dan Israel malah hampir setiap hari menginjak-injak HAM rakyat Palestina dengan menindas dan membunuh serta menembaki anak-anak dan para wanita serta rakyat Palestina yang tidak berdosa sehingga akibat dari kebejatan dan kebiadaban yang mereka lakukan tersebut darah dan mayat berserak-serak dan bergelimpangan d imana-mana.

Lalu timbul pertanyaan apa artinya kehadiran museum holocaust tersebut bagi kita dan bagi masyarakat dunia yang cinta kemerdekaan dan menghormati hak-hak asasi manusia tersebut ? Dan kalau seandainya akan dibuat juga museum yang mencerminkan tindak kezhaliman yang pernah diperbuat oleh manusia, maka pertanyaannya museum yang mana yang harus kita buat terlebih dahulu ? Museum ,ang mencerminkan masa lalu atau museum yang mencerminkan kebiadaan yang sekarang sedang terjadi ?

Menurut saya kalau kita masih punya akal sehat dan masih punya keinginan untuk menata kehidupan dan ketertiban dunia ke arah yang lebih baik dan manusiawi maka museum yang lebih urgen untuk kita buat dan dirikan saat ini adalah museum yang mencerminkan dan menceritakan kepada kita bagaimana busuk dan buruknya tindakan Yahudi dan israel terhadap rakyat Palestina. Mengapa? Karena dengan kehadiran museum tersebut kita semua sebagai warga dunia akan tahu dan sadar serta akan tergerak hatinya untuk menghentikan tindakan kekejaman dan kezhaliman serta kebiadaban yang mereka lakukan terhadap rakyat Palestina yang itu sudah berlangsung hampir delapan dekade yang sampai hari ini dan mungkin sampai beberapa dekade lagi kedepannya belum tentu juga akan bisa berhenti.

Untuk itu bagi menata dan menciptakan ketertiban dunia yang lebih baik memang tidak hanya diperlukan duit dan kecerdasan otak saja, tapi yang lebih penting lagi dari itu adalah hati nurani. Dan inilah yang sudah hilang dan tercerabut dari kehidupan dunia kita saat ini. Dan bagi kita sebagai bangsa sudah jelas sikap dan tindakan apa yang harus kita lakukan karena di dalam alinea pertama pembukaan UUD 1945 jelas sekali disana dikatakan : Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan yahudi serta Israel seperti sudah kita ketahui bersama benar-benar sudah tidak menghormati dan menghargai apa yang telah menjadi sikap dan pandangan politik kita sebagai bangsa.

** Penulis: Anwar Abbas, Ketua PP Muhammadiyah dan Wakil ketua Umum MUI

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image