Pengaruh Ottoman Dalam Secangkir Kopi dan Penyebaran Agama Kristen Protestan

Budaya  

Kebanyakan orang Amerika tidak tahu bahwa secangkir kopi pagi menghubungkan mereka dengan Kesultanan Ottoman. Sedikit yang menyadari bahwa negara Muslim yang telah lampau ini membantu melahirkan Protestantisme, bentuk Kekristenan yang dominan di Amerika.

Atau bahwa penjelajah Eropa yang "menemukan" Amerika melakukannya karena cengkeraman Ottoman dan Muslim lainnya dalam perdagangan antara Eropa dan Asia. Faktanya, beberapa orang Amerika bahkan tidak tahu apa itu Kekaisaran Ottoman.

Ketika orang Amerika berpikir tentang Timur Tengah, mereka sering melihatnya sebagai teater perang Amerika dan wilayah yang penting untuk minyaknya. Namun, kita semua berutang bagian penting dari budaya dan sejarah kita kepada 'kekhalifahan' terpenting dalam sejarah Timur Tengah, Kesultanan Ottoman, dan khususnya kepada satu sultan yang hidup setengah milenium yang lalu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

September ini menandai peringatan 500 tahun kematian seorang tokoh sejarah tunggal, tetapi terlupakan - Selim I, sultan kesembilan dari Kekaisaran Ottoman.

Kehidupan dan pemerintahan Selim membentang mungkin setengah abad paling berpengaruh dalam sejarah dunia, dengan gaung sampai ke zaman kita sekarang. Dia hampir melipatgandakan wilayah Ottoman melalui perang di Timur Tengah, Afrika Utara dan Kaukasus. Lebih dari penjelajah Italia Christopher Columbus, pendeta Katolik Jerman Martin Luther, diplomat Italia dan filsuf politik Niccolò Machiavelli atau orang-orang sezamannya, kemenangan Selim benar-benar mengubah dunia.

Pada tahun 1517, Selim dan tentaranya berbaris dari Istanbul ke Kairo, mengalahkan saingan utamanya di dunia Muslim, Kekaisaran Mamluk. Selim sekarang memerintah lebih banyak wilayah daripada hampir semua penguasa lainnya.

Khalifah Ottoman, Sultan Selim
Khalifah Ottoman, Sultan Selim

Dia memegang kunci dominasi global. Dia menguasai tengah dunia, memonopoli rute perdagangan antara Mediterania dan India dan Cina, dan memiliki pelabuhan di semua laut dan samudra utama di Dunia Lama.

Otoritas agamanya di dunia Muslim kini tak tertandingi. Dan dia memiliki sumber daya uang, tanah, dan tenaga kerja yang sangat besar. Menguasai begitu banyak hal, dia pantas mendapatkan gelar "Bayangan Dewa di Bumi".

Kekalahan Mamluk benar-benar menggeser keseimbangan kekuatan global antara dua kekuatan geopolitik utama zaman: Islam dan Kristen. Dalam periode ini, agama bukan hanya masalah keyakinan pribadi, melainkan logika pengorganisasian politik di seluruh dunia.

Pada tahun 1517, Selim menguasi Makkah dan Madinah, kota paling suci dalam Islam, mengubah kerajaannya dari mayoritas penduduk Kristen menjadi mayoritas Muslim dan menjadikannya sultan dan khalifah, pemimpin politik utama kekaisarannya dan pemimpin global. Komunitas Muslim.

Utsmani dan penguasa Syiah Safawi di Iran akan berperang sepanjang tahun 1500-an dan 1600-an, literasi awal dari perpecahan agama dan politik Sunni-Syiah dalam Islam yang terus mengguncang dunia Muslim saat ini.

Pada zaman Selim, untuk pertama kalinya sebuah negara mengidentifikasi dirinya sebagai negara Sunni dan satu lagi sebagai negara Syiah untuk kemudian berjuang untuk supremasi di Timur Tengah.

Namun, Islam bukanlah satu-satunya agama yang diganggu oleh ekspansi eksplosif Ottoman. Dominasi teritorial Selim menimbulkan tantangan spiritual bagi Kristen Eropa, yang saat itu merupakan benua kerajaan kecil dan negara-kota turun-temurun yang bertikai. Secara individu - atau bahkan bersama - mereka bukan tandingan kerajaan Muslim raksasa.

Berusaha menjelaskan ketidakseimbangan kekuatan ini, banyak orang Eropa menemukan jawaban tidak hanya dalam politik, tetapi juga dalam apa yang mereka anggap sebagai kegagalan moral mereka. Di dunia di mana agama dan politik digabungkan, pembalikan keberuntungan mewakili penilaian dari Tuhan.

Sejauh ini kritik yang paling ekstensif dan konsekuensial datang dari Martin Luther. Dia berpendapat bahwa kelemahan agama Kristen terhadap Islam berasal dari kerusakan moral Gereja Katolik. Korupsi paus merusak jiwa Kristen dari dalam, membuat seluruh tubuh Susunan Kristen rapuh dan karena itu rentan terhadap musuh eksternal.

Selain berfungsi sebagai lawan ideologis, Utsmaniyah Selim memberi Luther waktu untuk menabur perselisihan: Karena mobilisasi militer mereka untuk bertahan melawan Utsmaniyah, kekuatan Katolik menolak mengirimkan pasukan tempur tambahan untuk memadamkan pergolakan Protestan awal ini. Hasilnya, Luther dan para pendukungnya bisa mendapatkan pijakan untuk menyebarkan agama Protestan di kota-kota Jerman dan akhirnya ke seluruh dunia.

Sebuah kedai kopi di kawasan Bosphorus pada masa Ottoman. Kebiasaan minum kopi inilah yang kemudian tersebar ke dunia melalui ekspansi dan pengaruh Ottoman yang sangat luas.
Sebuah kedai kopi di kawasan Bosphorus pada masa Ottoman. Kebiasaan minum kopi inilah yang kemudian tersebar ke dunia melalui ekspansi dan pengaruh Ottoman yang sangat luas.

Ottoman dan Kopi

Secara ekonomi, Kekaisaran Ottoman adalah semacam 'pembangkit tenaga listrik' melalui ukurannya yang besar dan kepemimpinan cerdik yang ditunjukkan Selim dalam mengendalikan wilayah geografis yang begitu luas.

Salah satu pendorong ekonomi kekaisaran dari zaman Selim hingga awal abad ke-18 adalah kontrol perdagangan kopi global. Faktanya, militer Selim-lah yang pertama kali menemukan tanaman dengan mirip buah beri merah cerah itu selama penyerbuannya ke Yaman.

Ottoman menemukan cara untuk menyeduh buah kopi yang mirip beri itu, dan dengan itu menciptakan institusi yang dikhususkan hanya untuk minum kopi: Kami (dan pemilik Starbucks Howard Schultz) mengucapkan terima kasih kepada Selim untuk kedai kopi tersebut.

Beberapa dari kita menghargai bahwa seorang sultan Ottoman adalah orang pertama yang mengubah perdagangan menjadi geopolitik, memonopoli pasokan salah satu barang konsumen massal asli dunia.

Kekuatan Selim terbukti begitu besar sehingga pengaruhnya mencapai bahkan melampaui Eropa dan Timur Tengah, melintasi Atlantik hingga Amerika Utara. Pada 1517, dalam beberapa minggu Selim berbaris pasukan Ottoman untuk menaklukkan Kairo, orang Eropa pertama mendarat di Meksiko.

Saat gelombang besar mendorong mereka ke Semenanjung Yucatán, tiga kapal Spanyol yang berlayar dari Kuba terlihat di kejauhan sebuah kota Maya yang megah, lebih besar dari apa pun yang pernah mereka lihat. Kota ini sekarang menjadi Cape Catoche dekat Cancún. Namun, pada tahun 1517, orang Spanyol ini menamakannya '"El Gran Cairo, Kairo Agung.

Penaklukan dua Cairos tahun itu - satu Maya, satu Mamluk - menggambarkan betapa Selim menghantui imajinasi Eropa. Kota paling terkenal di Mesir terbukti menjadi batu ujian: Bahkan di belahan dunia lain, bagi orang Spanyol kota itu menyulap citra kota metropolis yang megah dan megah, mengancam misteri dan fantasi haus darah.

Cara orang Turki minum kopi. Kebiasaan ini kini menyebar ke seluruh dunia
Cara orang Turki minum kopi. Kebiasaan ini kini menyebar ke seluruh dunia

Selama berabad-abad, Kairo telah mengirimkan kapal untuk menyiksa pemukiman Spanyol di Afrika Utara dan di Semenanjung Iberia. Itu telah menangkap dan memenjarakan orang-orang Kristen dan mengirim missi yang mengancam ke ibu kota Eropa. Kairo mengendalikan Yerusalem suci, dan mencegah orang Eropa berdagang dengan India dan Cina.

Semua kekuatan ini sekarang ada di tangan Selim. Penaklukan kota Maya yang luas, meski jelas merupakan kemenangan besar bagi Spanyol, tidak dapat menandingi kekuatan pengaruh Muslim Selim. Jika ada, itu membuktikan kelemahan Eropa - bahwa bahkan di Karibia, orang Kristen masih dirasuki oleh hantu Ottoman.

Ottoman tetap bertahan sebagai pemain sentral di panggung dunia dari pemerintahan Selim sampai kematian mereka dalam Perang Dunia I, setelah lebih dari enam abad berkuasa. Ketika kekuatan Eropa mulai melampaui kekaisaran pada abad ke-19, mereka juga menulis sejarah Ottoman tentang bagaimana dunia kita muncul.

Orang Eropa memproyeksikan kelemahan Ottoman di masa sekarang kembali ke masa lalu untuk menggambarkan kekuasaan mereka sendiri sebagai sesuatu yang tak terelakkan.

Mengatasi pandangan ini untuk melihat gema Kekaisaran Ottoman di "Dunia Baru" dan di seluruh dunia membantu kita untuk memahami keberadaan pengaruh Ottoman di mana-mana.

Ini membantu kita untuk mengenali apa yang dipahami orang Eropa selama berabad-abad: bahwa berkat Selim, Ottoman memegang lebih banyak kekuasaan, menguasai lebih banyak wilayah, memerintah lebih banyak orang dan bertahan lebih lama daripada hampir semua negara lain.

Memahami sejarah ini membantu kita untuk melihat yang integral yang biasanya terabaikan..!

*** Sumber tulisan: IAlan Mikhail dalam Wahington Post, pada 20 Agustus 2020 yang dimuat pada pukul 17.00 GMT+7. Judul asli tulisan ini adalah:'The Ottoman sultan who changed America' (Sultan Ottoman yang mengubah Amerika). Alan Mikhail adalah profesor sejarah dan ketua departemen sejarah di Universitas Yale dan penulis buku baru "God’s Shadow: Sultan Selim, His Ottoman Empire, and the Making of the Modern World."

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image