Kota Mariupol Ukraina Kembali Dobombardir Rusia Setelah Perundingan Macet

Politik  

Pembicaraan antara menteri luar negeri Ukraina dan Rusia gagal membawa terobosan diplomatik karena ratusan ribu warga sipil masih terjebak di kota-kota Ukraina di bawah pemboman Rusia.

Rusia memperbarui serangan di pelabuhan selatan Mariupol pada hari Kamis, sehari setelah rumah sakit anak-anak dan bersalin di kota itu hancur dan tiga orang tewas dalam apa yang dikatakan Ukraina sebagai pemboman Rusia. Rusia telah membantah menembaki sasaran sipil dan mengklaim Ukraina yang melakukan serangan itu.

Unit-unit militer Rusia mendekati ibu kota Kyiv, tempat separuh penduduk kota itu kini telah melarikan diri.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pasukan Rusia juga berusaha untuk membangun kontrol de facto atas hubungan antara kota timur Kharkiv dan Izyum di dekatnya, dan mencoba maju ke utara Mykolaiv untuk memotong kota selatan dari jalur pasokan utamanya.

Secara keseluruhan, pasukan Ukraina terus menghentikan keuntungan medan perang Rusia yang signifikan.

negosiasi

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan tidak ada kemajuan yang dicapai dalam mencapai gencatan senjata di Ukraina selama pembicaraan dengan timpalannya dari Rusia Sergey Lavrov pada hari Kamis, dalam pembicaraan tingkat tinggi pertama antara kedua belah pihak sejak Rusia menginvasi pada 24 Februari.

Menteri luar negeri Rusia mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin "tidak akan menolak" pertemuan dengan pemimpin Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk membahas masalah "spesifik".

Tetapi Ukraina mengatakan pada hari Kamis bahwa Moskow telah menolak untuk menjamin akses kemanusiaan untuk menyelamatkan warga sipil yang terperangkap di bawah pemboman di Mariupol.

Setidaknya beberapa koridor kemanusiaan di Ukraina yang dibangun setelah negosiasi panjang dan kegagalan masih berjalan, karena lebih dari 2.000 orang dievakuasi dari Izyum selama 24 jam terakhir.

Penyergapan drone

Sementara itu, rekaman drone beredar secara online tentang penyergapan Ukraina di kolom tank Rusia.

Bellingcat, tim penyelidik open-source, mengatakan bahwa mereka telah menempatkan video tersebut secara geolokasi ke area yang tidak berpenghuni di jalan E95 menuju Kyiv – rute langsung ke timur ibu kota tempat pasukan Rusia mencoba melakukan pengepungan.

On a visit to Warsaw, US Vice President Kamala Harris said the United States and Poland are “united” over Ukraine after Washington rejected an offer by Warsaw to transfer its MiG-29 fighter jets to Kyiv via a US airbase in Germany.

She also said US military and humanitarian assistance to Ukraine is an “ongoing process”.

Although Ukrainian forces have fiercely resisted the more powerful Russian military, Kyiv says it lacks weapons such as missile defence systems and anti-tank missiles.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image