Inilah Lagu Terbaru Iwan Fals: Minyak Goreng

Musik  
Iwan Fals muda.
Iwan Fals muda.

Iwan Fals ternyata perasaan pembelaan kepada rakyat kecil belum hilang. Dahulu dia bikin satir berbagai lagu yang kadang menyinggung rezim Orde Baru. maka Iwan Fals kerap dicekal panggungnya. Konser 100 kota misalnya pada akhir 1980-an dibatalkan karena tak adapat izin. AKibat pencekalan konser itu muncul lagu 'Air Mata Api'. Lagu itu menjadi hits bersama lagu fenomenal 'Mata Dewa'

Kini di zaman milienal di mana salah satu tandanya adalah kaum ibunya sibuk membeli antri minyak goreng, Iwan Fals kembali membuat lagu satire. Pada lagu itu Iwan menyingung biang keladi 'raibnya' minyak goreng dengan menyebutnya 'konon' adalah sudah mirip mafia: Tujuh Konglomerat Tambun.

Lagu 'minyak goreng' karya Iwan Fals dan Raja Pane, progesi chordnya mengingatkan pada lagu Iwan Fals pada awal 1980-an, Ambulans Zig Zag, yang bercerita tentang penjaga pangkalan yang badanya kebakar karena bensin eceran yang meleduk tapi terlantar di rumah sakit karena harus bayar di muka biaya perawatan. Celotehan Iwan Fals berikutnya petikan gitarnya masih sama dengan yang dahulu, tetap mirip raja lagu balada Amerika Serikat: Bob Dylan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

''Ini seperti tikus mati di lumbung padi... Ah dasar mafia, masa bodoh orang susah,'' begitu penggalan lagu 'Minyak Goreng' itu.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image