Begini Suasana Perang ke-19 Rusia-Ukraina

Politik  
Petugas pemadam kebakaran membantu seorang wanita tua mengungsi dari sebuah apartemen yang terkena tembakan di distrik Obolon Kyiv [Layanan Darurat Negara Ukraina melalui AFP]
Petugas pemadam kebakaran membantu seorang wanita tua mengungsi dari sebuah apartemen yang terkena tembakan di distrik Obolon Kyiv [Layanan Darurat Negara Ukraina melalui AFP]

Ini adalah peristiwa penting sejauh ini pada hari Senin, 14 Maret. Dapatkan pembaruan terbaru di sini.

Pembicaraan Rusia-Ukraina dilanjutkan

Pembicaraan antara kedua belah pihak akan dilanjutkan pada hari Senin melalui konferensi video, menurut negosiator Ukraina dan Kremlin, setelah kedua belah pihak memuji kemajuan pada putaran sebelumnya yang bertujuan untuk mengakhiri pertempuran.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Serangan udara menghantam apartemen Kyiv

Satu orang tewas dan 12 lainnya luka-luka setelah serangan udara di sebuah bangunan perumahan di ibukota Ukraina, Kyiv. Jumlah korban tewas direvisi turun dari angka sebelumnya dua orang tewas.

Hampir 2.200 tewas di Mariupol

Hampir 2.200 penduduk kota Mariupol yang terkepung di Ukraina telah tewas sejak permusuhan dimulai, kata pihak berwenang setempat, meningkatkan jumlah korban hampir 1.000 sejak Rabu.

Mariupol menghadapi "skenario terburuk" jika pihak-pihak yang bertikai tidak segera mencapai "kesepakatan kemanusiaan yang konkret", Komite Palang Merah Internasional (ICRC) memperingatkan.

Siapa kontrol Ukraina sampai hari Senin ini (14/2/2022)
Siapa kontrol Ukraina sampai hari Senin ini (14/2/2022)

Zelenskyy memperingatkan NATO

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah memperingatkan NATO dapat melihat negara-negara anggota berada di bawah serangan Rusia jika mereka tidak bertindak untuk memberlakukan zona larangan terbang di negaranya. Komentarnya muncul setelah sedikitnya 35 orang tewas dalam serangan Rusia di pangkalan militer dekat perbatasan Polandia.

Instagram tidak lagi dapat diakses di Rusia

Instagram tidak dapat diakses di Rusia pada hari Senin setelah Moskow menuduh perusahaan induknya Meta mengizinkan seruan kekerasan terhadap orang Rusia, termasuk militer, di platformnya.

Langkah itu dilakukan setelah Facebook dan Twitter diblokir pada awal Maret sebagai bagian dari upaya Moskow untuk mengontrol informasi yang tersedia bagi Rusia tentang operasi militernya di Ukraina.

Ajudan AS, China bertemu di tengah ketegangan atas Rusia

Amerika Serikat dan China mengirim pembantu utama untuk bertemu di Roma pada hari Senin di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara atas perang Rusia-Ukraina, dengan AS mengatakan Rusia telah meminta China untuk peralatan militer untuk membantu menekan kampanyenya.

China menuduh Washington menyebarkan “disinformasi” atas peran Beijing dalam konflik Ukraina.

Hampir 2,7 juta melarikan diri

Hampir 2,7 juta orang telah melarikan diri dari perang di Ukraina, lebih dari 100.000 di antaranya dalam 24 jam terakhir, kata PBB. Lebih dari setengahnya pergi ke Polandia.

Moskow mengatakan Barat menginginkan 'default buatan'

Kementerian keuangan Rusia menuduh negara-negara asing mencoba memaksanya menjadi "default buatan" melalui sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Rusia mengatakan akan membalas dengan tindakannya sendiri, membatasi media lokal dan sumber berita internasional.

Ratusan orang ditahan di protes Rusia

Polisi Rusia telah menahan lebih dari 800 orang di 37 kota karena memprotes “operasi militer” Moskow di Ukraina.

Hampir 15.000 orang dilaporkan telah ditahan dalam demonstrasi di seluruh negeri ejak invasi dimulai pada 24 Februari.

https://www.aljazeera.com/news/2022/3/14/russias-invasion-of-ukraine-list-of-key-events-from-day-19

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image