Zona Ekonomi yang Tersebar di Nusantara adalah Penyebar Bahasa Melayu

Budaya  
Gadis Melayu
Gadis Melayu

Syech Muhammad Idris al Marbawi, 1896-1989, adalah putra Melayu berasal dari Kampung Lubok Merbau Kuala Kangsar, Perak, Malaysia. Pernah tinggal di Makkah. Mungkin nama Al Marbawi didapat oleh beliau karena beliau dari kampung Merbw, marbaw, negri Perak. Beliau banyak menulis kitab antara lain Kamus Al Marbawi-Melayu.

Penerbitan kamus ini lazim saja, bahasa Melayu Betawi pun ada kamusnya.

Perkembangan bahasa Melayu mestilah di zona-zona ekonomi. Sebelum Malaka tentu Kedah. Kemudian Banda Aceh lalu menyusuri tepi timur mulai Belawan, Pasai, Palalawan, Jambi, Belitung, Lampung, Jakarta, Bima dan Sumbawa, Banjar, Makasar, Saparua, Bandaneira. Lintas Pontianak, Brunei, Minahasa, Tidore, Ternate. Lintas barat Sumatera Barus, Padang, Bengkulu dan Palembang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Zona-zona econ ini merupakan penyerapan pengaruh luar, dan penyebaran di lokasi sekitar. Seperti halnya kota Bekasi dan Tangerang yang orientasi perdagangannya dengan Jakarta itu berpengaruh bagi pembentukan identitas peradabannya. Wilayah budaya lebih berpengatih dari pada wilayah adiministrasi dalam pembentukan kepribadian komunitas.

Dialek bahasa muncul di setiap zona econ. Bahkan di masing2 zona econ pun wajar kalau muncul beberapa sub dialek.

Baik pemusik Melayu dari Medan A. Rahman mau pun Munif Bahaswan berpendapat sama bahwa musik Melayu itu ada tiga aliran: Semenanjung, Deli, dan Jakarta. Itu dapat dibedakan setidaknya dari pukulan gendang dan céngkok penyanyi. Tengoklah, cèngkok Syarifah Aini, Malaysia, beda dengan Tuti Daulay, Medan, beda dengan Ellya Agus, Jakarta, vice versa.

Penulis: Ridwan Saidi, Politisi Senior, Sejarawan, dan Budayawan Betawi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image