Jenderal Rusia Tewas Setelah Pasukan Ukraina Menghancurkan Pos Komando di Kherson

Politik  
Letnan Jenderal Andrey Mordvichev, dilaporkan sudah lima jendral Rusia tewas du Ukraina,
Letnan Jenderal Andrey Mordvichev, dilaporkan sudah lima jendral Rusia tewas du Ukraina,

Seorang jenderal Rusia lainnya telah tewas di Ukraina, militer negara itu mengklaim Sabtu, pemimpin senior kelima yang jatuh sejak invasi dimulai 23 hari yang lalu.

Letnan Jenderal Andrey Mordvichev, komandan tentara ke-8 distrik militer selatan, tewas ketika angkatan bersenjata menghancurkan sebuah pos komando di sebuah lapangan terbang di Kherson, sebuah kota pelabuhan di Ukraina selatan, kata para pejabat.

Kematiannya terjadi ketika ribuan warga sipil berusaha melarikan diri dari kota pelabuhan lain, Mariupol, yang telah dibombardir selama berminggu-minggu, dan seperti yang dikatakan presiden Ukraina, Rusia berusaha membuat kota-kota di negaranya kelaparan agar tunduk.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Melanjutkan invasi akan merugikan Rusia selama “beberapa generasi,” kata Presiden Volodymyr Zelensky dalam sebuah video yang diposting semalam.

Komentar itu sebagian merupakan tanggapan terhadap rapat umum besar-besaran yang diadakan Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Jumat di Moskow. Meskipun seolah-olah ditahan untuk mendukung pasukan Rusia, laporan mengatakan banyak di antara puluhan ribu orang yang memadati Stadion Luzhini mengatakan mereka “dipaksa” untuk hadir.

Putin menghadiri konser yang menandai ulang tahun kedelapan pencaplokan Krimea oleh Rusia pada 18 Maret
Putin menghadiri konser yang menandai ulang tahun kedelapan pencaplokan Krimea oleh Rusia pada 18 Maret

Layanan pers kepresidenan Ukraina

Zelensky dalam video tersebut menuduh Kremlin dengan sengaja menciptakan “bencana kemanusiaan” dan sekali lagi memohon agar Putin bertemu dengannya untuk mencegah lebih banyak pertumpahan darah.

Pasukan Rusia memblokade kota-kota terbesar dengan tujuan menciptakan kondisi yang menyedihkan sehingga Ukraina akan menyerah, kata Zelensky. Tetapi dia memperingatkan bahwa Rusia akan membayar harga tertinggi.

“Waktunya telah tiba untuk memulihkan integritas teritorial dan keadilan bagi Ukraina. Jika tidak, biaya Rusia akan sangat tinggi sehingga Anda tidak akan dapat bangkit lagi selama beberapa generasi,” katanya.

Zelensky menunjuk pada 200.000 orang yang dilaporkan di rapat umum Moskow sebagai jumlah yang kira-kira sama dengan tentara Rusia yang ambil bagian dalam invasi.

“Bayangkan sendiri bahwa di stadion di Moskow itu ada 14.000 mayat dan puluhan ribu lainnya terluka dan cacat,” kata Zelensky dalam rekaman video di luar kantor kepresidenan di ibukota, Kyiv. “Itu adalah biaya Rusia selama invasi.”

Pejabat Ukraina dan Rusia sepakat untuk membangun 10 koridor kemanusiaan untuk membawa bantuan dan penduduk keluar - satu dari Mariupol, dan beberapa di sekitar Kyiv dan di wilayah Luhansk timur, kata Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk Sabtu.

Dia juga mengumumkan rencana untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Kherson, yang direbut oleh pasukan Rusia.

Vladimir Medinsky, yang telah memimpin negosiator Rusia dalam beberapa putaran pembicaraan dengan Ukraina, mengatakan kedua pihak lebih dekat dengan kesepakatan mengenai masalah Ukraina yang membatalkan tawarannya untuk bergabung dengan NATO dan mengadopsi status netral. Dalam pernyataan yang dibawa oleh media Rusia, dia mengatakan bahwa kedua pihak sekarang "setengah jalan" dalam masalah demiliterisasi Ukraina.

Tetapi Mikhailo Podolyak, seorang penasihat Zelenskyy, mengatakan bahwa penilaian itu dimaksudkan untuk "memprovokasi ketegangan di media." Dia tweeted: “Posisi kami tidak berubah. Gencatan senjata, penarikan pasukan & jaminan keamanan yang kuat dengan formula konkret.”

Tweet lain dari Podolyak menegur mereka yang memberi peringatan tentang negosiasi tersebut.

"Saya ingin dengan lembut merekomendasikan 'komentator aktif dari proses negosiasi' yang TIDAK ada di dalam," katanya. “Jangan menyebarkan kebohonganmu di negara yang sedang berperang. Negosiasinya rumit. Posisi partai berbeda. Bagi kami, masalah mendasar tidak dapat diganggu gugat.”

Putin menghadiri konser yang menandai ulang tahun kedelapan pencaplokan Krimea oleh Rusia pada 18 Maret
Putin menghadiri konser yang menandai ulang tahun kedelapan pencaplokan Krimea oleh Rusia pada 18 Maret

Pertempuran berlanjut di berbagai front di seluruh negeri Sabtu

Serangan dini hari menghantam lingkungan Kyiv, menewaskan sedikitnya satu orang dan melukai 19 lainnya.

Mayor Jenderal Oleksandr Pavlyuk, yang memimpin pertahanan wilayah di sekitar ibu kota Ukraina, mengatakan pasukannya berada di posisi yang baik untuk mempertahankan kota dan bersumpah: “Kami tidak akan pernah menyerah. Kami akan berjuang sampai akhir. Sampai nafas terakhir dan peluru terakhir.”

Gubernur wilayah Zaporizhzhia di timur-tengah Ukraina, Oleksandr Starukh, mengumumkan jam malam 38 jam di kota tenggara dengan nama yang sama setelah dua serangan rudal di pinggiran kota menewaskan sembilan orang Jumat.

Di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung, tempat beberapa penderitaan terbesar perang, pertempuran jalanan menghentikan penyelamat mencapai ratusan orang yang selamat yang terperangkap di bawah teater yang dikupas, kata walikota Mariupol kepada BBC.

Sebuah bangunan tempat tinggal di Mariupol yag rusak akibat penembakan. Foto: Alexanswe Ermochenko/REUTERS
Sebuah bangunan tempat tinggal di Mariupol yag rusak akibat penembakan. Foto: Alexanswe Ermochenko/REUTERS

Walikota Vadym Boychenko mengatakan pasukan Ukraina "melakukan semua yang mereka bisa" untuk mempertahankan posisi mereka, tetapi "kekuatan musuh lebih besar dari kita"

Pasukan Ukraina dan Rusia memperebutkan pabrik baja Azovstal, salah satu yang terbesar di Eropa, kata Vadym Denysenko, penasihat menteri dalam negeri Ukraina, Sabtu.

Foto-foto yang diposting di media sosial menunjukkan pabrik itu hancur setelah beberapa hari penembakan. "Warga sipil bersembunyi di tempat perlindungan bom pabrik, nasib mereka tidak diketahui," kata sebuah laporan dari Televisi Toronto.

“Saya dapat mengatakan bahwa kita telah kehilangan raksasa ekonomi ini,” Vadym Denysenko, penasihat menteri dalam negeri Ukraina, mengatakan Sabtu dalam sambutan yang disiarkan televisi. “Faktanya, salah satu pabrik metalurgi terbesar di Eropa sebenarnya sedang dihancurkan.”

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, selama kunjungan Sabtu ke sekutu NATO Bulgaria, mengutuk invasi Rusia sebagai "sembrono dan kejam." Dia mengatakan AS belum melihat Rusia memobilisasi pasukan tambahan untuk mengkompensasi kerugian medan perang yang signifikan.

Seorang warga berjalan melewati tank pasukan pro-Rusia di Mariupol. Foto:Alexander Ermochenko/REUTERS
Seorang warga berjalan melewati tank pasukan pro-Rusia di Mariupol. Foto:Alexander Ermochenko/REUTERS

“Karena fakta bahwa mereka terhenti di sejumlah lini di sana, masuk akal jika [Putin] ingin meningkatkan kemampuannya ke depan,” kata Austin. “Kami belum melihatnya.”

*** sumber: https://nypost.com/2022/03/19/russian-general-killed-after-ukrainian-forces-destroy-command-post/

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image