Sesumber Rusia Lakukan Perang Kilat Tak Terbukti: Ukraina Hadapi Kehancuran Besar

Politik  
Warga sipil Mauripol berjalan untuk mengungsi melewati kendaraan berat militer, Mariupol adalah salah satu kota yang menjadi ajang pertempuran invasi Rusia ke Ukraina. [Anadolu Agency]
Warga sipil Mauripol berjalan untuk mengungsi melewati kendaraan berat militer, Mariupol adalah salah satu kota yang menjadi ajang pertempuran invasi Rusia ke Ukraina. [Anadolu Agency]

Perang selama sebulan Rusia di Ukraina telah menewaskan ribuan orang, jutaan pengungsi mengungsi dan kota-kota hancur, tetapi angkatan bersenjata sebagian besar tetap frustrasi oleh perlawanan sengit Ukraina, tanpa akhir yang terlihat dari konflik.

Pada 24 Februari, Presiden Rusia Vladimir Putin meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina – serangan terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II – dan menyiratkan kemungkinan eskalasi nuklir jika Barat campur tangan.

Setelah angkatan bersenjata Rusia tidak dapat menguasai Ukraina dengan serangan kilat pada minggu pertama perang, mereka mengubah strategi menjadi pemboman kota-kota dengan artileri, serangan udara dan misil. Target warga sipil termasuk rumah sakit, gereja dan perumahan telah diserang, membuat Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyebut Putin sebagai "penjahat perang".

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pasukan Rusia telah berulang kali menyerang ibu kota, Kyiv, tetapi gagal mengepung kota. Kota pelabuhan Mariupol selatan yang terkepung telah terkena dampak paling parah, menjadi sasaran pemboman selama berminggu-minggu yang telah menewaskan sedikitnya 2.300 orang dan menghancurkan sebagian besar kota, menurut pejabat Ukraina.

Sekitar 100.000 warga sipil tetap terperangkap di kota tanpa aliran air, listrik, atau pemanas, dan dengan persediaan makanan yang semakin menipis. Hanya satu kota besar, Kherson, yang jatuh ke tangan Rusia. Korban tewas perang tidak jelas, tetapi Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy - yang telah menjadi simbol perlawanan nasional - mengatakan pada hari Rabu bahwa ribuan orang telah tewas, termasuk setidaknya 121 anak-anak Ukraina.

Ukraina mengatakan telah membunuh 14.000 tentara Rusia, dan menghancurkan ratusan tank, kendaraan lapis baja, artileri dan pesawat. Bahkan penilaian konservatif AS memperkirakan setidaknya 7.000 orang Rusia tewas.

PBB mengatakan lebih dari 3,6 juta orang Ukraina kini telah meninggalkan negara itu, dan 6,5 juta lainnya telah mengungsi di Ukraina. Perang juga telah mengguncang ekonomi global dan tatanan geopolitik.

Sanksi ekonomi pada skala yang belum pernah ditempatkan , yakni mencapai $ 1,5 triliun, akan mengirim Rusia ke dalam resesi yang dalam tahun ini. Bank Dunia memperingatkan negara itu akan masuk "wilayah default".

Biden pun melakukan perjalanan ke Eropa pada hari Rabu dengan proposal sanksi baru, termasuk mempertimbangkan apakah Rusia dapat dikeluarkan dari blok negara-negara Kelompok 20 (G20). Namun, Kremlin bersikeras bahwa perangnya akan direncanakan dan bahwa Rusia tidak akan berhenti berperang sampai mencapai tujuan strategisnya – termasuk memaksa Ukraina untuk menjadi “netral” dan “demiliterisasi”.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image