Perang Rusia-Ukraina: Daftar peristiwa penting, hari ke-83

Politik  
Suasana Ukraina memasuki hari perang kle-29 lawan Rusia.
Suasana Ukraina memasuki hari perang kle-29 lawan Rusia.

Pertempuran

Lebih dari 260 pejuang Ukraina telah dievakuasi dari pabrik baja Azovstal di Mariupol ke wilayah yang dikuasai Rusia, dan upaya untuk menyelamatkan yang tersisa terus berlanjut, kata wakil menteri pertahanan Ukraina.

Ledakan mengguncang kota barat Lviv dan serangan Rusia menghantam pangkalan militer dekat perbatasan Polandia, kata pejabat Ukraina. Pertahanan udara negara itu menembak jatuh tiga rudal jelajah di wilayah Lviv, kata angkatan udara.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dua puluh warga sipil tewas dalam penembakan Rusia di wilayah Donetsk dan Luhansk, menurut Satuan Tugas Pasukan Gabungan Ukraina.

Sebuah desa di provinsi barat Rusia Kursk yang berbatasan dengan Ukraina diserang oleh Ukraina, kata gubernur regional Roman Starovoit. Tidak ada korban luka yang dilaporkan, tetapi tiga rumah dan sebuah sekolah terhantam.

Polisi regional di wilayah Bucha utara ibukota Ukraina, Kyiv, mengatakan mayat tiga warga sipil lagi ditemukan di dekat sebuah desa. Ukraina menuduh pasukan Rusia membunuh ratusan warga sipil saat mereka mundur dari daerah itu lebih dari dua bulan lalu. Rusia membantah tuduhan itu.

Pasukan Ukraina menembaki daerah perumahan di distrik Petrovsky, menurut administrasi Republik Rakyat Donetsk yang didukung Rusia, kantor berita negara Rusia RIA melaporkan.

Sebuah serangan rudal Rusia menghantam “sasaran sipil” di kota Okhtyrka, melukai sedikitnya lima orang, kata gubernur wilayah Sumy.

NATO

Swedia telah bergabung dengan negara tetangga Finlandia dalam secara resmi memutuskan untuk mengajukan keanggotaan NATO, sebuah langkah yang mengakhiri lebih dari 200 tahun non-blok militer negara itu.

Turki "tidak bisa mengatakan 'ya'" untuk Finlandia dan tawaran NATO Swedia, kata Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Presiden Rusia Vladimir Putin, membalikkan pernyataan sebelumnya, mengatakan Rusia tidak memiliki masalah dengan Finlandia dan Swedia bergabung dengan aliansi militer.

Juru bicara kepala pemerintah Jepang mengatakan negaranya menghormati "keputusan serius" Swedia untuk mengajukan keanggotaan NATO.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image