Belajar Pada Kasus UAS, Beginilah Perasaan Orang Singapura Terhadap Muslim

Agama  

Mayoritas juga mengatakan bahwa para pemimpin agama tidak boleh mengomentari politik atau mencoba mempengaruhi bagaimana orang memilih dalam pemilihan. Namun, mereka sedikit lebih menerima para pemimpin agama yang berbicara menentang hukum yang bertentangan dengan ajaran agama mereka.

Sekitar setengah dari umat Kristen dan Katolik merasakan hal ini. Orang-orang yang kurang berpendidikan atau lebih muda juga cenderung mempercayai hal ini.

Agama juga ditemukan mempengaruhi pandangan orang tentang isu-isu moral seperti perselingkuhan, aborsi dan seks homoseksual.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sekitar 82 persen merasa bahwa hubungan seksual dengan orang selain pasangan selalu salah. Hampir 70 persen merasa bahwa hubungan seksual antara dua orang dewasa dengan jenis kelamin yang sama selalu salah, sementara sekitar 40 persen merasa bahwa aborsi selalu salah, bahkan jika keluarga berpenghasilan sangat rendah.

Namun, para peneliti mencatat bahwa responden yang lebih berpendidikan dan lebih muda, serta mereka yang tidak beragama, cenderung memiliki sikap yang lebih liberal terhadap masalah ini.

Setengah dari mereka yang tidak beragama mengatakan seks homoseksual selalu salah, sementara hampir 80 persen dari mereka yang berpendidikan sekolah menengah atau lebih rendah merasakan hal yang sama.

Komentar Prof DR Azyumardi Azra:

Menanggapi kedua tulisan tersebut, Cendikiawan dan Guru Besar UIN Jakarta, Prof DR Azyumardi Azra menegaskan temuan itu karena memang terkait dengan sejarah dunua di masa lalu.

"Saya kira terkait dengan kontestasi yang panjang antara Kristianitas dan Islam sejak masa awal Islam, perang salib, ekspansi Islam di Spanyol, Eropa Timur dan Eropa Tengah. Di Asia Tenggara/ Indonesia kontestasi trjadi sejak awal abad 16 dg kedatangan Portugis, Spanyol, Belanda dan Inggris yg membawa misi 3 G (Glory, Gold, Gospel), '' kata Azyumardi Azra.

-------------------

Sumber tulisan:

https://www.straitstimes.com/singapore/15-of-respondents-find-muslims-threatening

https://www.straitstimes.com/singapore/most-singaporeans-frown-on-religious-influence-on-politics-or-incitement-but-1-in-4-open

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image