The Pope at War: Mengapa Vatikan Membisu Saat Holocaust Berlangsung?

Sejarah  
<a href=Hitler berbincang dengan Paus Pius-XIIi" />
Hitler berbincang dengan Paus Pius-XIIi

Berpuluh tahun Vatikan membela Paus Pisus XII yang diam saat Holocaust berlangsung, dengan mengatakan pemimpin Gereja Katolik itu bekerja diam-diam menyelamatkan banyak nyawa orang Yahudi. Sebuah buku, ditulis berdasarkan arsip Vatikan era Perang Dunia II, menyodorkan fakta mencengangkan.

The Pope at War, judul buku karya David Kertzer, diterbitkan Selasa lalu di AS. Buku menarasikan bagaimana Vatikan hanya menyelamatkan orang-orang Yahudi yang bersedia menjadi Katolik, dan anak-anak dari perkawinan campur Katolik-Yahudi, dari kematian di kamp konsentrasi.

Fakta menarik dalam buku ini adalah pencarian panik untuk sertifikat pembaptisan, dan daftar orang-orang Yahudi ‘bertobat’ — dengan bersedia memeluk Katolik — yang diserahkan Vatikan ke duta besar Jerman, plus permohonan tulus dari umat Katolik agar Paus Pius XII menemukan kerabat keturunan Yahudi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

The Associated Press menulis buku ini mengikuti jejak The Pope and Mussolini, karya Kertzer yang memenangkan Hadiah Pullitzer. Bedanya, The Pope and Mussolini menarasikan Paus Pius XI.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image