Begini Kedekatan Hubungan Agama dan Politik di Jepang Hari Ini Usai Ditembaknya PM Shinzo Abe

Agama  
Presiden Gereja Unifikasi cabang Jepang Tomihiro Tanaka (kiri) membungkuk pada akhir konferensi pers di Klub Koresponden Asing Jepang di Tokyo pada 10 Agustus 2022. Foto: VCG
Presiden Gereja Unifikasi cabang Jepang Tomihiro Tanaka (kiri) membungkuk pada akhir konferensi pers di Klub Koresponden Asing Jepang di Tokyo pada 10 Agustus 2022. Foto: VCG

Hubungan mendalam antara politisi Jepang dan kelompok-kelompok agama mendapat sorotan sekali lagi setelah setidaknya lima anggota kabinet baru Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida ditemukan pada hari Rabu memiliki hubungan dengan Gereja Unifikasi.

Kishida, sebagai tanggapan cepat, merombak kabinetnya pada hari Rabu karena meningkatnya reaksi atas hubungan partai yang berkuasa dengan sekte agama yang kontroversial membuat dukungan publik menurun.

Pengungkapan tersebut, yang dibuat oleh anggota kabinet kepada pers, terjadi ketika perubahan itu menggantikan tujuh menteri yang ditemukan memiliki hubungan dengan gereja yang terkenal itu, termasuk mantan menteri pertahanan Nobuo Kishi, adik laki-laki mantan perdana menteri Shinzo Abe yang ditembak mati bulan lalu. Harian Nasional Jepang melaporkan pada hari Rabu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Para ahli memperingatkan bahwa politisi dan kelompok agama ekstrim di beberapa negara telah membentuk hubungan yang tidak menyenangkan, sementara orang-orang biasa yang tertipu oleh aliran sesat menderita.

Meskipun Konstitusi Jepang dengan jelas menetapkan pemisahan agama dan negara, hubungan antara politisi dan badan-badan perusahaan keagamaan telah menjadi ambigu sepanjang sejarah politik Jepang pascaperang.

Pengamat mengatakan kepada Global Times bahwa badan-badan keagamaan Jepang biasanya menahan diri untuk secara eksplisit menyatakan dukungan untuk politisi, atau partai, tetapi secara tidak langsung dan implisit mendukung politisi atau partai tertentu melalui mendukung pemikiran atau kebijakan politik mereka. Jemaat mereka kemudian mengikuti dalam mendukung politisi tersebut dalam kampanye pemilihan. Beberapa kelompok agama berpengaruh dalam politik Jepang memiliki sejarah kecenderungan sayap kanan, dan sering memiliki rasa nasionalisme yang kuat. Beberapa dari mereka secara historis adalah agitator utama dalam mengadvokasi agresi terhadap China.

Didorong oleh kelompok-kelompok agama, para pemimpin Jepang telah berulang kali mengunjungi Kuil Yasukuni yang mengabadikan penjahat perang Kelas-A Jepang yang terkenal yang melambangkan kekejaman perang dan militerisme Jepang selama Perang Dunia II dengan risiko membahayakan hubungan dengan China, sebuah rahasia umum kolusi antara politisi dan kelompok agama.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image