Apa itu Senen atau Senenan?

Sejarah  
Pasar Tempo dulu.
Pasar Tempo dulu.

Di Senen dan sekitar sampai dengan masa Orde Baru ada bioskop Rivoli, Rex dan Grand. Miss Tjitjih gedung sandiwara Sunda. Kalau malam banyak tontonan open air: topeng, lenong, sulap.

Pasar Senen sendiri pusat belanja dari mulai keperluan dapur sampai pakaian dan sepatu. Pusat jajan pun ada di Senen. Untuk keperluan anak-anak dari pakaian sampai mainan ada di Toko Baba Gemoek.

Untuk pici aneka model dan ukuran ada di Toko Andalas. Mencari buku apa saja ada di Toko Buku Lie Tay San.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Senen hari pasar? Bukan. Di timur proyek Senen disebut jagal Senen. Sebenarnya areal Senen itu jagal. Jagal artinya lapangan. Sama dengan pajagalan. Senen atau Senenan itu pacuan kuda.

Setelah Daendels, arena pacuan kuda pindah ke Gambir. Nama Senen masih melekat tapi sebagai nama pasar setelah Pasar Baru tahun 1820.

Jalan di sebelah barat proyek Senen sampai batas Gunung Sari disebut Tana Nyonya. Seorang wanita Portugis yang disebut Nyonya, pernah memiliki tanah di sebelah barat Senen. Makam nyonya Portugis itu di Sumur Batu.

Kali Lio bukan nama kali. Lagi pula melihat kelebarannya itu got. Kali di sini maknanya circle. Sedang Lio bernakna menetap. Penamaan ini menegaskan itu kawasan hunian.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image