Ada Kebohongan Sejarah 20 Mei Sebagai Hari Kebangkitan Nasional!

Sejarah  

Perhimpunan Indonesia, Pelopor Gerakan Nasionalis Indonesia

Tujuh belas Agustus tahun empat lima, Itulah hari kemerdekaan kita, Hari merdeka nusa dan bangsa, HARI LAHIRNYA BANGSA INDONESIA, MERDEKA Sekali merdeka tetap merdeka, Selama hayat masih dikandung badan, Kita tetap setia tetap sedia mempertahankan Indonesia, Kita tetap setia, tetap sedia membela negara kita. (“HARI MERDEKA” Gubahan Husein Mutahar)

Lagu “Hari Merdeka” diperkenalkan pada awal tahun 1946 oleh Mayor TNI AL Husein Mutahar di Yogyakarta, Ibukota Sementara, beberapa bulan setelah pernyataan kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketika itu semua pendiri negara dan yang membentuk bangsa Indonesia masih ada. Mereka semua sangat memahami, bahwa bangsa Indonesia memang baru lahir pada 17 Agustus 1945, karena merekalah yang menggagas pembentukan bangsa dan berdirinya negara bangsa (nation state) yang kemudian dinamakan Indonesia.

Bangsa (nation) Indonesia, dalam hal ini sebagai entitas politik (political entity), bukan dalam pengertian etnologi atau antropologi budaya. Bangsa Indonesia dibentuk dari lebih dari 1.300 etnis dan sub-etnis yang ada di wilayah jajahan Belanda, Nederlands Indië (dalam bahasa Melayu: India Belanda).3

Gerakan pembentukan bangsa dan mendirikan suatu negara bangsa (nation state) yang akan dinamakan Indonesia dimulai awal tahun 1920-an oleh para pemuda pribumi yang berasal dari berbagai daerah di wilayah jajahan Belanda, Nederlands Indië, yang melanjutkan pendidikan di Eropa, terutama di Belanda.

Mereka tergabung dalam organisasi yang semula dinamakan Indische Vereeniging (dalam bahasa Melayu: Perhimpunan India).4 Tahun 1922 nama organisasi diganti menjadi Indonesische Vereeniging (dalam bahasa Melayu: Perhimpunan Indonesia). Dengan demikian, Perhimpunan Indonesia di Belanda merupakan organisasi pribumi yang pertama menggunakan nama Indonesia.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image