Ada Kebohongan Sejarah 20 Mei Sebagai Hari Kebangkitan Nasional!

Sejarah  

Penggagas berdirinya Indische Vereeniging adalah Rajiun Harahap. Pada 15 November 1908, atas prakarsa Rajiun Harahap yang kemudian bergelar Sutan Kasayangan Soripada, belasan pemuda pribumi yang berasal dari berbagai daerah di jajahan Belanda, Nederlands Indië yang melanjutkan pendidikan di Belanda, mendirikan organisasi yang dinamakan Indische Vereeniging (Perhimpunan India).11 Waktu itu, nama Indonesia samasekali belum dikenal. Juga di kalangan ilmuwan Belanda nama Indonesië (Indonesia dalam cara penulisan Belanda) belum dikenal.

Organisasi Indische Vereeniging awalnya hanya bersifat kekeluargaan untuk saling menolong sesama perantau dari wilayah jajahan Belanda. Organisasi ini mulai bersifat politis tahun 1913. Di sini mulai timbul pemikiran untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan dan juga timbul keinginan untuk mendirikan suatu negara merdeka.

Sosialisasi gerakan kebangsaan dan memperkenalkan nama Indonesia di Nederlands Indië sangat gencar dilakukan, setelah para aktivis Perhimpunan Indonesia kembali ke Nederlands Indië. Gerakan kebangsaan ini tersebar luas dengan cepat di masa pendudukan tentara Jepang, karena Jepang datang dengan janji, akan memberi kemerdekaan kepada rakyat di bekas wilayah jajahan Belanda di Asia Tenggara. Gerakan kebangsaan ini berhasil diwujudkan pada 17 Agustus 1945. Dapat dikatakan, hampir semua pribumi terpelajar di wilayah bekas jajahan Belanda mengatahui mengenai telah didirikannya negara yang dinamakan Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun di kalangan masyarakat luas, terutama di daerah-daerah pedalaman/pedesaan, apalagi di daerah-daerah di luar pulau Jawa, belum banyak yang mengetahui atau menyadari, bahwa bangsa Indonesia sebagai entitas politik, baru ada sejak tanggal 17 Agustus 1945. Bahwa bangsa Indonesia, adalah bangsa yang baru dibentuk, yang terdiri dari lebih dari 1.000 etnis dan sub-etnis serta memiliki bahasa persatuan, yaitu bahasa Melayu yang namanya diganti menjadi bahasa Indonesia.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image