Puluhan Masjid Peninggalan Ottoman di Siprus-Yunani Berusaha Dibakar

Sejarah  

Toleransi Siprus-Yunani

Mengacu pada banyaknya serangan terhadap masjid dan monumen bersejarah di wilayah Siprus Yunani, Benter mengakan; "Kami belum diberi tahu mengenai penangkapan atau hukuman terhadap penyerang."

Yunani, masih menurut Benter, sepertinya menoleransi serangan itu. Toleransi itu mendorong penyerang karena tidak ada risiko dengan menyerang tempat ibadah agama lain.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Jika penyerang tahu mereka akan dihukum berat, tidak akan ada serangan terhadap masjid," kata Benter. "Menyerang tempat ibadah dan monumen bersejarah adalah kejahatan. Sering penyerangan diikuti upaya pembakaran yang menimbulkan bahaya besar bagi masyarakat sekitar."

20 Serangan Dalam Satu Dekade

Catatan EVKAF dan Kementerian Luar Negeri TRNC menyebutkan lebih 20 serangan terhadap masjid terjadi dalam sepuluh tahun terakhir. Artinya, rata-rata dua sarangan setiap satu tahun.

Rincinya, antara 2012-2023 terjadi lima serangan -- termasuk pembakaran Masjid Koprulu Haci Ibrahim Aga di Limasol. Sabtu lalu, sebuah masjid dilempari bom molotov.

TRNC dan Turkiye mengutuk upaya pembakaran itu. Ankara menyebutnya sebagai contoh terbaru peningkatan Islamofobia di sekujur Eropa.

Ada dua serangan dan upaya pembakaran satu masjid di Desa Denya, wilayah Siprus Yunani dalam sepuluh tahun terakhir. Masjid Denya diserang tahun 2013 ketika sedang direovasi dengan dana Program Pembangunan PBB. Masjid yang sama juga diserang tahun 2016 dengan tiga bom molotov.

Tidak hanya masjid, batu nisan dihancurkan dan pemakaman Ottoman/Turkiye di Larnaca dijadikan tempat pembuangan sampah.

Tahun 2020 bom molotov dilempar ke Masjid Tuzla di Larnaca. Ada pula yang menggantungkan bendera Bizantium di dinding masjid, dengan tulisan slogan anti-Islam.

Tahun 2021, Masjid Agung Larnaca juga berupaya dibakar. Ada slogan anti-Islam di dinding masjid yang terletak di Desa Yalova itu.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image