Misteri Sosok Ratu Adil Pada Penghayatan Orang Jawa (Bagian I)

Sejarah  
Sosok gambaran seorang Ratu Adil. (ilustrasi)
Sosok gambaran seorang Ratu Adil. (ilustrasi)

Datangnya sosok ratu adil untuk menyelematkan kesengsaraan kehidupan rakyat begitu dalam dihayati dalam benak orang Jawa. Bahkan ini setiap kali menjadi sarana katarsis bagi mereka ketika hidupnya sudah sangat sengsara. Rau Adil adalam impian. Ratu Adil adalah harapan.

''Tidak. Tidak ada Ratu Adil di Jawa. Itu hanya mitos. Apalagi yang harus ada itu bukan sosok pemimpinnya, tapi adanya hukum yang adil. Inilah yang sudah dijauhkan dari pemamahan batin orang Jawa hingga sekarang. Padahal ratu adil sekedar bunga tidur dan lambang kekalahan,'' kata almarhum WS Rendra ketika berbicara soal Ratu Adil di sebuah toko kude donat di bilangan Menteng Jakarta, beberapa tahun silam.

Maka dalam orang Jawa sosok Ratu Adil tergambar menjadi seseorang pemimpin yang datang dari antah berantah dengan naik kuda dan berpakain serba putih. Masyarakat percaya bila orang seperti itu datang menjadi pertanda akan berakhirnya zaman Kaliyuga atau zaman kutukan di mana air sungai mengalir ke hilir, ada kemarau panjang, ada kerusuhan dan lainnya. Pokoknya keadaan zaman yang terbolak-balik. Benar jadi salah, salah jadi benar, hingga pemimpin bicara tak bisa dipegang katanya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image