Pandangan Media Asing Mengenai Bagaimana Islam Begitu Mendominasi Batin Rakyat Indonesia? (bag,1)

Sejarah  
Ilustrasi kedatangan para pendakwah yakni para guru sufi di pelabuhan. Mereka datang dengan menumpang kapal dagang rempah-rempah.
Ilustrasi kedatangan para pendakwah yakni para guru sufi di pelabuhan. Mereka datang dengan menumpang kapal dagang rempah-rempah.

Islam datang dengan pedang? Begitu tuduhan para kaum oreintalis ketika menyebut cara penyebaran agama ini. Mereka jelas terpengaruh dari penaklukan-penaklukan yang terjadi di sepanjang abad pertengahan sampai sebelum terjadi gerakan 'pembaruan' dalam Revolusi Prancis. Kala itu peradaban Eropa mengalami gelap gulita, sedangkan peradaban Islam menguasai dunia.

Pernyataan itulah yang ada sampai kini. Anehnya, mereka pun kebingungan ketika menyebut bagaimana cara ajaran Islam sampai ke Indonesia. Tak hanya masuk, tapi agama ini merasuk dan dipeluk mayoritas warga Indonesia.

Padahal berbeda dengan Eropa dan India misalnya, di sana ajaran Islam masuk ke kawasan itu melalui serangkaian kobaran api perang penaklukan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Gumpalan pertanyaan mengenai masuknya Islam ke Indonesia yang tanpa penaklukan itulah yang membuat penasaran penulis di mediaTRT World, Saad Hasan. TRT World adalah stasiun televisi berita internasional 24-jam berbahasa Inggris yang berbasis di Istanbul, Turki.

Tulisan Hasan selengkapnya yang akan ditulis dalam dua tulisan sebagai berikut:

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image