Hayo Siapa yang Tertarik Dongengan Lakon Wayang Petruk Jadi Raja?

Budaya  

Namun, karenanya nama Gareng berbau Arab yakni ‘Ghorin’ maka dia sosok yang bail hati, suka memberi, mudah memafkan, dan periang. Taka ada kesedihan bagi gareng. Hidup indah karena sederhana saja sebenarnya.

Kemudian sosok punakawan yang juga anak Semar adalah Petruk (Fetruk). Sosok juga mencerminkan konsep sabar, di mana ia menerima hasil usahanya dengan keyakinan bahwa akhirnya adalah kehendak Tuhan. Sosok dia adalah pemikir yang mempunyai kemampuan analisis panjang.

Pertruk adalah juga sosok periang. Suka bernyani dan bersiul-siul. Tidak ada yang dianggap sulit bagi hidupnya. Semuanya selaras. Ini digambarkan dengan sosok tibuhnya yang serba panjang. Hidung panjang, tangannya panjang melebihi porsi anatomi manusia normal, hidungnya panjang. Dia sangat pintar berkata-kata dan pendebat yang Tangguh.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lalu Bagong (Bagho). Dia adalah sosok berperawan ‘bantek’ (pendek dan kekar). Matanya selalu melotot bahkan terkesan akan melompat keluar dari wajahnya. Hidungnya pesek. Mulutnya dower.

Meski begitu, Bagong adalah sosok tokoh wayang yang apa adanyanya. Kadang nakal tapi asyik. Suka marah-marah tapi baik hati. Suka meledek tapi lucu. Kalau di kampung, meski hidup sederhana -bahkan kekerungan—dia selalu menjadi pemimpin yang siap berkorban untuk masyarakat.

Istilahnya gampangnya, kalau Bagong jadi kepala geng motor dia akan kepala geng yang tertib, dicintai, walaupun kadang tingkahnya serak-seruduk. Bagong makin dicintai karena sikap terus terangnya yang tanpa bas abasi.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image