Misteri Foto Pertempuran Landhuis Cengkareng: Pejuang Indonesia Ditodong Senjata Agar Gali Kubur Sen

Sejarah  

Soal negatif yang hilang adalah klaim untuk menghilangkan barang bukti. Di sisi lain, pihak Indonesia juga tidak pernah menjawab pertanyaan ini dengan melacak lokasi penggalian yang terletak di belakang Landhuis Tjengkareng I.

Kisah Perang di Landhuis Tjengkareng I pendek saja. Penulis memulai dengan pergerakan pasukan, tidak disebut kesatuannya, Belanda dan prajurit KNIL, dari Pesing ke Cengkareng pada 30 April 1946.

Setahu saya, serangan ke Cengkareng dilakukan pasukan Belanda dari Brigade U. Cengkareng saat itu dipertahankan Letkol Singgih, dibantu Pasukan Kepolisian Banten di bawah komando Kapten Ari Amangku.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sejumlah peleton tentara Belanda dan KNIL menyusur Tangerangsche Weg, kini Jl Daan Mogot, dan mendekati Landhuis Tjengkareng I.

Namun, gerakan tentara Belanda dan KNIL terhenti setelah satu tentara kulit putih tewas dimangsa proyektil penembak jitu, dan enam lainnya luka serius dan terkapar sulit dijangkau petugas kesehatan.

Tidak ada lagi serdadu Belanda dan KNIL yang berani berdiri atau menongolkan kepala. Mereka berlindung di belakang kendaraan lapis baja atau di balik pohon. Pengintai mencari tahu lokasi penembak jitu dengan teropong.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image