Fragmen Manuskirp Tertua Mahabrata Bukan dari India, Melainkan dari Kizll China?

Budaya  
Manuskrip Mahbarata dari Nepal.
Manuskrip Mahbarata dari Nepal.

Oleh: Jaya Suprana, Budayawan dan Pegiat Kemanusiaan.

DALAM mempelajari Mahabharata sebagai inspirasi bagi Wayang Purwa, saya mencari manuskrip tertua wiracarita India yang menurut legenda konon ditulis oleh Ganesha berdasar kisah yang diwariskan secara lisan oleh Wiyasa.

Berarti semula Mahabharata merupakan warisan budaya lisan yang kemudian disusul dengan warisan budaya tulisan. Analog dengan kisah-kisah injil yang semula dikisahkan Jesus Kristus secara lisan kemudian diabadikan menjadi tulisan oleh Johannes, Markus, Matius, Lukas dan Paulus.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mengingat Mahabharata berasal dari India, maka wajar jika semula saya menduga manuskrip tertua Mahabharata berada di India. Ternyata saya keliru. Manuskrip tertua Mahbharata diduga mulai ditulis pada abad IX sebelum Masehi, bukan dalam bentuk teks utuh dan lengkap.

Namun sebagai antologi berbagai naskah yang disebut sebagai manuskrip Spitzer terdiri berbagai fragmen yang ditulis pada daun pohon palem di antara abad 1 dan 3 sebelum Masehi.

Untuk sementara ini manuskrip tertua Mahabharata ditemukan bukan di India, namun di China, tepatnya di kawasan Kizil di provinsi Xinjiang.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image