Apa Beda Srikandi Versi India dan Srikandi Versi Wayang Purwa Jawa?

Sastra  
Kripka (kiri atas) lawan Srikandi (kanan atas).
Kripka (kiri atas) lawan Srikandi (kanan atas).

AKIBAT beda latar belakang kebudayaan, maka tokoh Srikandi versi Mahabharata India beda dari tokoh Srikandi versi Wayang Purwa Indonesia.

Namun Srikandi versi Mahabharata maupun Wayang memiliki kesamaan, yaitu keduanya merupakan titisan dewi Amba yang akhirnya berhasil menaklukkan Bisma Dewabrata di padang Kurusetra pada kemelut Bharatayuda. Berdasar silsilah kerajaan Pancala,

Srikandi adalah anak Drupada yang bersaudara dengan Dretayumena, Drupadi, dan Satyajit. Srikandi versi Mahabharata secara psikologis adalah seorang kesatria androgin atau secara fisio biologis hemafrodit sesuai keputusan para Dewa berdasar kutukan Amba bahwa Bisma hanya bisa dibunuh oleh seorang kesatria yang tidak jelas kelaminnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Srikandi versi Wayang Putwa eksplisit seorang pendekar perempuan yang cantik jelita sekaligus gagah perkasa yang kemudian menjadi satu di antara sekian banyak isteri Arjuna yang fanatik menganut paham poligamis.

Menurut selera pribadi subyektif saya, kisah Srikandi versi Wayang Purwa relatif lebih rumit berlekuk-liku maka lebih seru ketimbang versi Mahabharata.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image