Puisi Penggawa Sufi Maulana Jalaludin Rumi Tentang Kemuliaan Ramadhan

Sastra  
Penggalan puisi Rumi terkait kemuliaan Ramadhan.
Penggalan puisi Rumi terkait kemuliaan Ramadhan.

Terkait bulan Ramadhan ada beberapa puisi dari tokoh sufi Jalalludin Rumi (Jalāl ad-Dīn Muhammad Rūmī) yang dahulu terlahir di Konya, Turki. Menurut Rumi orang yang berpuasa dengan keimanan yang sempurna akan segera sadar bahwa dia adalah seorang peziarah di dunia ini.

Selain itu Rumi menyatakan orang yang berpuasa dia seharusnya menyadari bahwa dirinya adalah makhluk yang ditakdirkan untuk mencapai tujuan di luar kehidupan material ini. Dunia di sekelilingnya kehilangan sebagian materialitasnya dan memperoleh aspek “kekosongan” dan transparansi yang dalam kasus Muslim kontemplatif mengarah langsung pada kontemplasi terhadap Tuhan dalam ciptaan-Nya.

Terlebih lagi, lanjut Rumi, sifat halus dan “kosong” dari segala sesuatu diimbangi oleh penampakan benda-benda tersebut sebagai anugerah Ilahi. Makanan dan minuman akan menjadi sesuatu remeh. Padahal sepanjang tahun sebelumnya menampakkan dirinya layaknya sebagai pemberian surga (ni'mah)/

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Maka dengan puasa seorang insan akan terbebas dari hal 'duniawi'. Manusia alan memperoleh makna spiritual yang bersifat sakramental (penyucian jiwa).

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image