Haedar Nashir Yahya C Staquf: Tiga Tema Sosiologi dalam Trajektori Begawan Moderasi (Bag 3)

Agama  
Haedar Nasihir dan Yahya C Staquf.
Haedar Nasihir dan Yahya C Staquf.

Oleh: Dr Najib Azca, Wakil Sekjen PBNU dan Dosen UGM

Tiga tema yang dikaji Haedar Nashir dalam trajektori perjalanan akademik-intektualnya mencerminkan transformasi atensi dan energi interlektualnya. Haedar memulai kariernya di bidang sosiologi dengan mengkaji fenomena sosial-politik di kalangan internal gerakan Muhammadiyah sebagai tesis masternya.

Lalu dilanjutkan melakukan kajian mendalam perihal dinamika di kalangan gerakan Islam yang lebih luas untuk kajian program doktoralnya. Terakhir, ia melakukan kajian dan refleksi mendalam ihwal kebangsaan dan keindonesiaan untuk tema pidato guru besar di bidang sosiologi di UMY.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketika menulis tesis master pada prodi Sosiologi UGM dan menyelesaikannya pada tahun 1998, Haedar memilih topik penelitian menarik berjudul “Perilaku Elite Politik Muhammadiyah di Pekajangan”. Melalui kajian tersebut Haedar bermaksud menganalisis dinamika perilaku elite politik Muhammadiyah di sebuah basis kuat Gerakan Muhammadiyah di daerah Pekajangan, Kabupaten Pekalongan.

Pertanyaan pokok yang ingin dijawab adalah “bagaimana perngaruh kehadiran elite birokrasi dan elite politisi terhadap corak perilaku elite” serta “pola perilaku politik elite seperti apa yang berkembang dalam organisasi Muhammadiyah”.

Melalui riset ini, Haedar seperti berkeinginan untuk memperdalam dan mempertajam pengetahuannya mengenai ‘dunia dalam’ Muhammadiyah. Sebagai sosok aktivis dan sekaligus intelektual, ia merasa wajib untuk mengetahui bagaimana karakter dan dinamika yang terjadi di daerah basis Muhammadiyah.

Dan hal itu sekaligus menjadi modal penting baginya untuk menjadi pimpinan pucuk di organisasi Muhammadiyah yang dijalaninya di kemudian hari.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image