Benarkah Orang Bosnia dan Serbia Saling Membenci? Ini Jawabannya:

Sejarah  
Generasi muda Bisnia dan Serbia berkumpul bersama dalam suatu pertemuan.
Generasi muda Bisnia dan Serbia berkumpul bersama dalam suatu pertemuan.

Apakah orang Serbia membenci orang Bosnia? Pertanyaan itu sempat ramai menggelinding di media sosial ketika saya mengunjungi Sarajevo. Pertanyaan ini wajar sebab kedua bangsa ini pernah terlibat dalam perang yang sangat berdarah di awal tahun 1990-an.

Namun untuk menjawabnya ada seorang pemudi Barbara Dante yang kala itu belajar di 'Studiedat Prva Beogradska Gimnazija, First Belgrade High School Graduated, di Belgrade, Serbia.

Tulisan Barbara Dante di laman quora.com sangat menyentuh. Dia menjelaskan berbagai pertanyaan yang selama ini bersliweran. Dia menulis begini:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Orang Serbia biasanya menyukai mentalitas Bosnia, karena orang Bosnia bahkan lebih dingin daripada orang Serbia (jika memungkinkan). Mereka menyukai makanan, pemandangan, dan budayanya. Agama tidak mempengaruhi tradisi dalam beberapa hal di sini.

Kebanyakan orang Bosnia dan Serbia memiliki cara hidup yang hampir sama selain aspek agama. Ada tradisi yang sangat saya sukai yaitu meminum “kopi Turki” yang sama populernya di Serbia dan juga di Bosnia. Baik orang Bosnia maupun Serbia adalah tuan rumah yang hebat dan sangat ramah. Jadi analogikannya, banyak sekali hal yang mengikat mereka.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image