Tolak Kebijakan Biden Soal Israel, Petugas HAM Deplu AS Kembali Mengundurkan

Militer  

Sheline bergabung dengan Departemen Luar Negeri melalui fellowship dengan Biro Demokrasi, Perburuhan, dan Hak Asasi Manusia (DRL) sebagai bagian dari Biro Urusan Timur Dekat. Dia ditugaskan untuk mempromosikan hak asasi manusia dan menyusun laporan tahunan mengenai masalah ini. Dia memegang gelar PhD dan sebelumnya menjadi peneliti di Quincy Institute for Responsible Statecraft.

Pekerjaannya di Departemen Luar Negeri, katanya kepada surat kabar tersebut, melibatkan koordinasi dengan aktivis dan kelompok masyarakat sipil di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. Dia mengatakan dia melihat secara langsung bagaimana kredibilitas AS menurun di antara kelompok-kelompok tersebut seiring dengan berlangsungnya perang.

“Jika mereka bersedia untuk terlibat, mereka lebih ingin berbicara tentang Gaza daripada fakta bahwa mereka juga menghadapi penindasan ekstrem atau ancaman pemenjaraan,” kata Sheline tentang kelompok-kelompok yang bekerja bersamanya di wilayah tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Hal pertama yang mereka kemukakan adalah: Bagaimana hal ini bisa terjadi?”

Kepergian Sheline terjadi ketika pemerintahan Biden terus menjanjikan dukungan untuk Israel, bahkan ketika secara retoris memperingatkan rekan-rekan Israel tentang kemungkinan operasi darat di kota Rafah di Gaza selatan.

Awal pekan ini, Wakil Presiden AS Kamala Harris memperingatkan “konsekuensi” jika Israel melancarkan serangan darat. Namun para pejabat sejauh ini menolak untuk memanfaatkan bantuan tersebut. Sehari setelah komentar Harris, AS abstain dalam pemungutan suara Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata sementara di Gaza.

Pada hari Selasa, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller mengatakan pemerintah telah menerima “jaminan tertulis” dari Israel bahwa senjata AS tidak digunakan untuk melanggar hukum hak asasi manusia internasional, meskipun ada tuduhan berulang kali dari kelompok hak asasi manusia. Dia mengatakan Departemen Luar Negeri sejauh ini tidak menemukan bukti pelanggaran dalam penilaian “yang sedang berlangsung”.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image