Siapa Sesungguhnya yang Dipelihara oleh Negara?

Ekonomi  
kantong kemiskinan di Jakarta.
kantong kemiskinan di Jakarta.

Oleh: Swary Utami Dewi, Penulis dan Pengamat Sosial-Politik.

"Sekarang banyak yang kaya mendadak. Entah bagaimana... Istilahnya Crazy Rich." Seorang kawan baik berkomentar. Beberapa nama disebutkan dan rata-rata masih berusia relatif muda.

Ya memang benar. Jika ditilik, beberapa bahkan bisa menjadi begitu kaya tanpa tahu bagaimana asal-usul pekerjaan dan apa yang dilakukan. Pokoknya, mereka kaya sekaya-kayanya; Mewah semewah-mewahnya. Trendnya kini: muda, kaya luar biasa dan begitu mudah menimbun pundi-pundi harta.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Aku sempat beberapa kali menyimak podcast para kaya-kaya ini, di mana mereka bercerita tentang sejarah bagaimana bisa kaya. Rata-rata penjelasannya tidak masuk akal. Ada yang mulai dari pegawai bank biasa di satu kota di Sumatra dengan gaji ratusan ribu.

Lalu belajar main selisih kurs. Lalu mendekati para customer bank. Lalu ditawari pindah ke Jakarta untuk mengelola money changer. Lalu sesudah pindah dalam waktu sekitar 3 tahun sudah mendadak begitu kaya dan membangun rumah super mewah yang tidak masuk akal di satu wilayah super elite di Jakarta.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image