Serangan Iran ke Israel itu Komunikasi Politik, Bukan untuk Picu Perang Nuklir atau Perang Dunia III

Militer  

Nah, serangan Iran ke Israel bukan untuk memicu perang dunia III. Tapi sebagai babak pembuka menggeser perang militer ke perang di meja perundingan.

Di sinilah manuver Iran jadi jelas perspektifnya. Sebagai prakondisi untuk menggalang kekuatan antar negara Timur-Tengah ke meja perundingan untuk menang. Makanya buat saya lucu ketika yang diributkan kok malah apakah serangan rudal dan drone Iran efektif mengena sasaran atau tidak.

Dan buat Iran nggak ambil pusing kena sasaran atau tidak. Karena pesan sentralnya, nah tuh bareng bareng yang ane kirim dah masuk wilayah ente ye. Dan kite kite orang yang pertama kali lakukan itu. Sampai situ aja peran Iran sebenarnya. Bikin PR buat kekuatan kekuatan global.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nyatanya memang benar toh. Sejak serangan rudal dan drone Iran ke pangkalan militer Israel, entah tepat sasaran atau nyasar, AS dan negara negara Uni Eropa sibuk rapat tiga hari berturut-turut yang pastinya nyusun respons yang jitu tapi juga menyentuh hakekat dari alasan dan pertimbangan Iran ngirim drone dan rudal ke Israel.

Karena itu tadi, serangan Iran itu sejatinya komunikasi politik. Bukan mau provokasi perang. Bahwa Israel itu buah busuk yang jadi simbol kroposnya tatanan dan desain global hasil rancangan AS dan Barat antara 1947-1973.

Makanya serangan Iran ke Israel merupakan bedug atau lonceng yang menandakan saatnya dunia berubah. Kalaupun kekuatan kekuatan lama masih enggan mengubah tatanan atau desain besarnya, aturan mainnya harus dirubah. Ini yang namanya Disruption. Memaksakan kekuatan kekuatan lama mengubah aturan main baru.

Dan Iran, Suriah, Yaman, Irak dan Lebanon, ada di barisan ini. Arab Saudi dan negara negara Dewan Kerja Sama Teluk seperti Kuwait, Qatar, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Yordania, juga sudah ambil ancang ancang gabung kekuatan baru. Di titik simpul alternatif, Cina dan Rusia, dengan senang hati ikut menenun terciptanya ragam kutub/multipolar dalam kerja sama internasional.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image