Video Langka dan Foto Lama Penyambutan Soeharto Ketika Menyambut Sudirman Pulang dari Gerilya

Sejarah  
Rakyat bergantian memikul tandu Jendral Sudirman dalam perang gerilya ,
Rakyat bergantian memikul tandu Jendral Sudirman dalam perang gerilya ,

Akibat penidaan nama Soeharto dalam Kepres 2022 yang terkait dengan peristiwa serangan umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta, beredar di Youtibe video arsip langka dan juga foto lama tentang kedekatan Jendral Sudirman dan Soeharto.

Unggahan video terkait itu terbilang luar biasa. Sebab, belum banyak yang melihatnya di youtube. Video kedatangan Sudriman pulang dari markas gerilya di sekitar perbatasan Yogyakarta dan Pacitan (desa Karang Mojo, Gunung Kidul) meski tidak terlalu bagus gambarnya muncul. Dan ini sungguh berharga karena menggambarkan sosok siapa saja yang menjemput Sudirman dalam upara militer di alun-alun utara Yogyakarta pada tanggal 9 Juli 1949 itu.

Selain Soeharto tampak pula tokoh lain seperti Supardjo Rustam dan Tjokro Pranolo yang merupakan pengawal panglima besar tentara kita yang tercinta itu. Video ini sungguh mengharukan dan membuat bulu kuduk merinding. Terlihat betapa susah payahnya Jendral Sudirman dalam perjalanan pulang ke ibu kota Yogyakarta. Dia harus ditandu karena sakit dengan melewati sungai dan bukit-bukit dan daerah terpencil. Tapi rakyat yang hidupnya teramat sederhana membantu dengan tulus perjuaanganya, misalnya menyambutnya dipinggir jalan dan bergantian memikul tandu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebuah perjuangan dan ketulusan yang luar biasa. Jasa dari semua tokoh dan rakyat yang terlibat jangan dilupakan. Tulislah sejarah dengan adil.

Begini videonya:

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image